Rabu, 30 Maret 2011

WANITA AHLI SORGA

WANITA AHLI SORGA
Oleh : Masnun Tholab
www.masnuntholab.blogspot.com

Segala Puji bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam.
Shalawat dan salam semoga Allah limpahkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam beserta keluarga dan para sahabatnya

Imam Nawawi dalam kitab Riyadush Shalihin mengutip hadits dari kitab Sahihain yang mengisahkan tentang seorang wanita yang berpenyakit ayan.
Dari 'Atha' bin Abu Rabah, katanya:
قال لي ابْنُ عَبَّاسٍ رضي الله عنهما‏:‏ أَلَا أُرِيْكَ امْرَأَةٌ مِنْ أهْلِ الْجَنَّةِ ‏"‏ فَقُلْتُ‏:‏ بَلَى، قال‏:‏ هَذِهِ الْمَرْأَةُ السَّوْدَاءُ أَتَتِ النبيَّ صلى الله عليه وسلم فقالت ‏:‏ إِنِّي أُصْرَعُ، و إني أتَكَشَّفَ، فَادْعُ اللهَ تعالى لِي قال‏:‏ ‏"‏إنْ شِئْتَ صَبَرْتِ وَلَكِ الْجَنَّةُ، وإنْ شِئْتَ دَعَوْتُ اللهَ تعالى أنْ يُعَافِيَكِ‏"‏ فقالت‏:‏ أصْبِرُ، فقالت‏:‏ إني أتَكَشَّفَ ، فَادْعُ اللهَ أنْ لَا أَتَكَشَّفَ ، فَدَعَا لَهَا‏.‏ ‏(‏‏(‏متفق عليه‏)‏‏)‏ ‏.
"Ibnu Abbas radhiallahu 'anhuma mengatakan padaku: "Apakah engkau suka saya tunjukkan seorang wanita yang tergolong ahli syurga?" Saya berkata: "Baiklah." Ia berkata lagi: "Wanita hitam itu pernah datang kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam lalu berkata: "Sesungguhnya saya ini terserang oleh penyakit ayan dan oleh sebab itu lalu saya membuka aurat tubuhku. Oleh kerananya haraplah Tuan mendoakan untuk saya kepada Allah - agar saya sembuh." Beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: "Jikalau engkau suka hendaklah bersabar saja dan untukmu adalah syurga, tetapi jikalau engkau suka maka saya akan mendoakan untukmu kepada Allah Ta'ala agar penyakitmu itu disembuhkan olehNya." Wanita itu lalu berkata: "Saya bersabar," lalu katanya pula: "Sesungguhnya kerana penyakit itu, saya membuka aurat tubuh saya. Kalau begitu sudilah Tuan mendoakan saja untuk saya kepada Allah agar saya tidak sampai membuka aurat tubuh itu." Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam lalu mendoakan untuknya - sebagaimana yang dikehendakinya itu." (Muttafaq 'alaih)

*Slawi, Maret 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

YANG BERHAK MENERIMA ZAKAT FITRAH

  YANG BERHAK MENERIMA ZAKAT FITRAH Oleh : Masnun Tholab   Hukum Zakat Fitrah Sayyid Sabbiq dalam kitab Fiqih Sunnah mengatakan bahw...