Rabu, 30 Maret 2011

PEMBELI YANG JUJUR

PEMBELI YANG JUJUR
Oleh : Masnun Tholab
www.masnuntholab.blogspot.com

Segala puji bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam.
Shalawat dan salam semoga senantiasa Allah limpahkan kepada Nabi Muhammad Shallallaahu ’alaihi wasallam beserta keluarga dan para sahabatnya.

Imam Nawawi dalam kitab Riyadus Salikhin mengutip kisah yang sangat berharga bagi kita, di saat kejujuran terasa amat mahal di zaman sekarang ini.

وعن أبي هريرة رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال اَشْتَرَى رَجُلٌ مِنْ رَجُلٍ عَقَارًا فَوَجَدَ الذي اشْتَرَى العَقَارَ في عَقَارِهِ جَرَّةً فيها ذَهَبٌ, فقال له الذي اشْتَرَى العَقَارَ خُذْ ذَهَبَكَ إنما اشْتَرَيْتُ مِنْكَ الْأَرْضَ ولم أَشْتَرِ الذَّهَبَ, وقال الذي لَهُ الْأَرْضُ إنما بِعْتُكَ الْأَرْضَ وما فيها, فَتَحَاكَمَا إلى رَجُلٍ فقال الذي تَحَاكَمَا إليه, أَلَكُمَا وَلَدٌ؟ قال أحَدُهُمَا لي غُلَامٌ, وقال الْآخَرُ لي جَارِيَةٌ, قال أَنْكِحَا الْغُلَامَ الْجَارِيَةَ وأَنْفِقَا على أَنْفُسِهِمَا مِنْهُ وَتَصَدَّقَا
Dari Abu Hurairah r.a. dari Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam, sabdanya:
"Ada seorang lelaki membeli sebidang tanah dari lelaki lain, kemudian orang yang membeli sebidang tanah tadi menemukan sebuah kendil yang di dalamnya terdapat emas dalam tanah itu. Orang yang membeli tanah itu berkata kepada penjualnya: "Ambillah emasmu, sebab hanyasanya yang saya beli daripadamu itu adalah tanahnya saja dan saya tidak merasa membeli emasnya."
Tetapi orang yang mempunyai tanah-yakni penjualnya- berkata: "Hanya-sanya yang saya jual kepadamu itu adalah tanah beserta apa yang ada di dalamnya - jadi termasuk emas itu pula."
Keduanya berselisih lalu meminta hukum kepada seseorang lain. Kemudian orang yang dimintai pertimbangan hukum ini berkata: "Apakah salah seorang dari engkau berdua ini ada yang mempunyai anak lelaki?"
Seorang di antara keduanya berkata: "Saya mempunyai seorang anak lelaki. Yang seorang lagi berkata: "Saya mempunyai seorang anak perempuan."
Orang tadi lalu berkata: "Kahwinkan sajalah anak lelaki dengan anak perempuan itu dan belanjakanlah untuk kepentingan kedua anak itu dari emas ini dan bersedekahlah engkau berdua dengan harta itu." (Muttafaq 'alaih)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

YANG BERHAK MENERIMA ZAKAT FITRAH

  YANG BERHAK MENERIMA ZAKAT FITRAH Oleh : Masnun Tholab   Hukum Zakat Fitrah Sayyid Sabbiq dalam kitab Fiqih Sunnah mengatakan bahw...