Jumat, 25 Maret 2011

BERSENTUHAN LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN

BERSENTUHAN LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN
Oleh : Masnun Tholab
www.masnuntholab.blogspot.com

Segala Puji bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam.
Shalawat dan salam semoga Allah limpahkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam beserta keluarga dan para sahabatnya.

Terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama tentang hukum bersentuhan antara laki-laki dan perempuan bagi orang yang telah berwudhu, apakah membatalkan wudhu atau tidak. Dibawah ini secara panjang lebar diuaraikan tentang pendapat para sahabat dan para ulama tentang masalah tersebut.

Firman Allah Ta’ala dalam Surat An-Nisa (4) : 43
يا أيها الذين آمنوا لا تقربوا الصلاة وأنتم سكارى حتى تعلموا ما تقولون ولا جنبا إلا عابري سبيل حتى تغتسلوا وإن كنتم مرضى أو على سفر أو جاء أحد منكم من الغآئط أو لامستم النساء فلم تجدوا ماء فتيمموا صعيدا طيبا فامسحوا بوجوهكم وأيديكم إن الله كان عفوا غفورا
43. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri mesjid) sedang kamu dalam keadaan junub[301], terkecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandi. dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu Telah menyentuh perempuan, Kemudian kamu tidak mendapat air, Maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pema'af lagi Maha Pengampun.

Jalaluddin Al-Mahalli dan Jalaluddin As-Suyuti dalam Tafsir Jalalain menjelaskan ayat di atas :
وفي قراءة بلا ألف وكلاهما بمعنى اللمس هو الجس باليد قاله ابن عمر وعليه الشافعي وألحق به الجس بباقي البشرة وعن ابن عباس هو الجماع
Menurut satu qiraat lamastum itu tanpa alif, dan keduanya yaitu baik pakai alif atau tidak, artinya ialah menyentuh yakni meraba dengan tangan. Hal ini dinyatakan oleh Ibnu Umar, juga merupakan pendapat Syafi’i. Dan dikaitkan dengannya meraba dengan kulit lainnya, sedangkan dari Ibnu Abbas diberitakan bahwa maksudnya ialah jima’ atau bersetubuh.
[Tafsir Jalalain jilid 1, hal. 335]

Imam Syafi’i dalam Tafsir Imam Syafi’i menjelaskan :
Mengenai hokum menyentuh perempuan, Imam Syafi’i berargumen dengan ayat Au lamastumunnisaa (atau kalian telah menyentuh perempuan) dan pernyataan Ibnu Umar, “Ciuman dan rabaan suami kepada istrinya termasuk sentuhan (mulamasah)” Riwayat dari Ibnu Mas’ud juga hampr senada dengan pendapat Ibnu Umar.
[Tafsir Imam Syafi’i jilid 1, hal. 149]

Ibnu Abbas dalam Tafsir Ibnu Abbas (English) menjelaskan :
وإن كنتم مرضى أو على سفر أو جاء أحد منكم من الغآئط أو لامستم النساء
….(And if ye be ill) wounded, (or on a journey, or one of you come from the closet, or ye have touched women) made love to them,….
Dalam Tafsir Ibnu Katsir (English) dijelaskan :
أَوْ لَـمَسْتُمُ النِّسَآءَ
(or you Lamastum women), which was recited Lamastum and Lamastum, referring to sexual intercourse.

Ibnu Katsir dalam Tafsir Ibnu Katsir (Bahasa Arab) menjelaskan :
وأما قوله {أو لامستم النساء} فقرىء لمستم ولامستم, واختلف المفسرون والأئمة في معنى ذلك على قولين: (أحدهما): أن ذلك كناية عن الجماع, لقوله تعالى: {وإن طلقتموهن من قبل أن تمسوهن وقد فرضتم لهن فريضة فنصف ما فرضتم} وقال تعالى {يا أيها الذين آمنوا إذا نكحتم المؤمنات ثم طلقتموهن من قبل أن تمسوهن فما لكم عليهن من عدة تعتدونها} قال ابن أبي حاتم: حدثنا أبو سعيد الأشج, حدثنا وكيع, عن سفيان, عن أبي إسحاق, عن سعيد بن جبير,
عن ابن عباس, في قوله {أو لامستم النساء} قال: الجماع.
وروي عن علي وأبي بن كعب ومجاهد وطاوس والحسن وعبيد بن عمير وسعيد بن جبير والشعبي وقتادة ومقاتل بن حيان, نحو ذلك,

Imam Al-Qurthubi dalam Kitab Tafsir Al-Qurthubi berkata :
قوله تعالى: "أو لامستم النساء"
وقال أبو حنيفة: الملامسة هنا مختصة باللمس الذي هو الجماع. فالجنب يتيمم واللامس بيده لم يجر له ذكر؛ فليس بحدث ولا هو ناقص لوضوئه. فإذا قبل الرجل امرأته للذة لم ينتقض وضوءه؛ وعضدوا هذا بما رواه الدارقطني عن عائشة أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قبل بعض نسائه ثم خرج إلى الصلاة ولم يتوضأ.
قال عروة: فقلت لها من هي إلا أنت ؟ فضحكت.
Firman Allah Subhanahu wata’ala : (أو لامستم النساء) “Atau telah menyentuh wanita”
Abu Hanifah berkata : kata menyentuh di sini secara khusus dimaksudkan adalah sentuhan ketika berjima’ (bersetubuh), maka orang yang junub boleh bertayamum sedangkan orang yang menyentuh wanita dengan tangannya (bukan jima’) tidak termasuk dalam kategori ini, maka ia tidak dikatakan berhadats ataupun batal wudhunya. Jadi, jika seorang lelaki mencium istrinya dengan syahwat maka wudhunya tidak batal. Mereka memperkuat pendapat ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Ad-Daruquthni, dari Aisyah, bahwasanya Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam mencium beberapa istrinya kemudian ia keluar menunaikan shalat dan tidak berwudhu lagi. (HR. Addaruquthni 1/38).
Nurwah berkata, ”Aku bertanya kepada Aisyah, ’Bukankah itu kamu sendiri?’ Mendengar hal ini Aisyah tersenyum’”
وقال مالك: الملامس بالجماع يتيمم، والملامس باليد يتيمم إذا التذ. فإذا لمسها بغير شهوة فلا وضوء؛ وبه قال أحمد وإسحاق، وهو مقتضى الآية.
Malik berkata : Orang yang bersentuhan dengan tujuan jima’ maka wajib bertayamum, demikian juga orang yang menyentuh wanita dengan tangan dan menimbulkan syahwat, namun apabila ia menyentuhnya tanpa syahwat maka ia tidak wajib berwudhu. Hal senada juga diungkapkan oleh Ahmad dan Ishak, dan pernyataan ini merupakan implementasi dari makna ayat,
قلت: أما ما ذكر من أنه لم يوافق مالكا على قول إلا الليث بن سعد، فقد ذكر الحافظ أبو عمر بن عبدالبر أن ذلك قول إسحاق وأحمد، وروي ذلك عن الشعبي والنخعي كلهم قالوا: إذا لمس فالتذ وجب الوضوء، وإن لم يلتذ فلا وضوء. وأما قوله: "ولا يصح ذلك في النظر" فليس بصحيح؛ وقد جاء في صحيح الخبر عن عائشة قالت: كُنْتُ أَناَمُ بَيْنَ يَدَي رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَرِجْلاَيَ فِي قِبْلَتِهِ، فَإِذَا سَجَدَ غَمَزَنِي فَقَبَضْتُ رِجْلَيَّ، فَإِذَا قَامَ بَسَطْتُهَا ثانيا، قالت: والبيوت يومئذ ليس فيها مصابيح. فهذا نص في أن النبي صلى الله عليه وسلم كان الملامس، وأنه غمز رجل عائشة؛ كما في رواية القاسم عن عائشة (فإذا أراد أن يسجد غمز رجلي فقبضتهما) أخرجه البخاري.
Al-Qurthubi berkata : Adapun pendapat ulama yang menyatakan tidak seorangpun yang sepakat dengan pernyataan Malik selain Al-Laits bin Sa’ad, hal tersebut terbantahkan dengan apa yang diutarakan oleh Al-Hafidz Abu Umar bin Abdil Barr bahwa pendapat tersebut juga merupakan pendapat Ishad dan Ahmad, dimana ia meriwayatkannya dari Asy-Sya’bi dan An-Nakha’i, mereka berkata bahwasanya jika orang tersebut menyentuh wanita dengan syahwat maka ia wajib berwudhu, dan jika tidak timbul syahwatnya maka tidak perlu mengulangi wudhunya.
Sedangkan pendapat ulama yang menyatakan bahwa pendapat Malik tidak benar berdasarkan penelitian yang mendalam itu tidaklah benar, sebab terdapat hadits sahih yang berasal dari Aisyah, ia berkata, ”Suatu hari ketika aku tidur di tengah-tengah Rasulullah (yang sedang shalat) sedangkan kedua kakiku berada pada arah kiblatnya, ketika hendak sujud beliau menyentuhku, lalu aku menekuk kedua kakiku. Jika beliau bangun maka aku merentangkan kakiku untuk kedua kalinya”. Aisyah berkata lagi, ”Pada saat itu tidak ada lampu di rumah penduduk”.
Hal ini menunjukkan bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam menyentuh istrinya dengan menyentuh kedua kaki Aisyah sebagaimana pada hadits yang diriwayatkan oleh Al-Qasim oleh Aisyah,
”Apabila beliau hendak sujud maka beliau menyentuh kedua kakiku dan akupun menekuknya” (HR. Bukhari 1/80, 1/117, 1/376)
فهذا يخص عموم قوله: "أو لامستم" فكان واجبا لظاهر الآية انتقاض وضوء كل ملامس كيف لامس. ودلت السنة التي هي البيان لكتاب الله تعالى أن الوضوء على بعض الملامسين دون بعض، وهو من لم يلتذ ولم يقصد. ولا يقال: فلعله كان على قدمي عائشة ثوب، أو كان يضرب رجليها بكمه؛ فإنا نقول: حقيقة الغمز إنما هو باليد؛ ومنه غمزك الكبش أي تجسه لتنظر أهو سمين أم لا ؟ فأما أن يكون الغمز الضرب بالكم فلا. والرجل من النائم الغالب عليها ظهورها من النائم؛ لا سيما مع امتداده وضيق حاله. فهذه كانت الحال في ذلك الوقت؛ ألا ترى إلى قولها: (وإذا قام بسطتهما) وقولها: (والبيوت يومئذ ليس فيها مصابيح). وقد جاء صريحا عنها قالت: (كنت أمد رجلي في قبلة النبي صلى الله عليه وسلم وهو يصلي فإذا سجد غمزني فرفعتهما، فإذا قام مددتهما) أخرجه البخاري.
Pernyataan ini men-takhsis-kan keumuman Firman Allah Subhanahu wata’ala : (أو لامستم النساء) “Atau telah menyentuh wanita”
Sebagaimana diketahui berdasarkan pemahaman tekstual ayat, orang yang menyentuh wanita bagaimanapun caranya adalah batal wudhunya. Kemudian hadits ini menjelaskan firman Allah ini bahwa kewajiban mengulangi wudhu tersebut berlaku pada sebagian orang dan tidak pada yang lainnya, yaitu orang yang menyentuh wanita dengan tidak bersyahwat ataupun berniat.
Dan tidak bisa dikatakan mungkin saja terdapat kain pada kedua kaki Aisyah atau beliau menyentuh kaki Aisyah dengan serbannya. Jawaban kami bahwa hakekat menyentuh sesuatu dilakukan dengan menggunakan tangan. Contoh kalimat, gamzuka al kabasy yang artinya memeriksanya dengan tujuan melihat apakah domba itu gemuk atau tidak. Sedangkan menyentuh dengan selendang tidak mungkin terjadi. Maka orang yang hampir tertidur dikatagorikan telah tidur dan ia wajib mengulangi wudhunya, apalagi tidurnya lama dan lelap.
Demikianlah keadaan rumah kaum muslimin sat itu, tidakkah kamu perhatikan perkataan Aisyah, ”Dan Jika beliau bangun maka aku merentangkan kakiku”. Dan juga perkataannya, ” Pada saat itu tidak ada lampu di rumah penduduk”, bahkan dengan jelas ia berkata, ”Dan aku menjulurkan kakiku pada arah kiblatnya Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam, sedang beliau sedang shalat, dan ketika sujud beliau menyentuh kakiku, lalu aku mengangkat kakiku. Jika beliau bangun maka aku merentangkan kakiku” (HR. Al-Bukhari 1/209).
فظهر أن الغمز كان على حقيقته مع المباشرة. ودليل آخر - وهو ما روته عائشة أيضا رضي الله عنها قالت: فقدت رسول الله صلى الله عليه وسلم ليلة من الفراش فالتمسته، فوقعت يدي على بطن قدميه وهو في المسجد وهما منصوبتان؛ الحديث. فلما وضعت يدها على قدمه وهو ساجد وتمادى في سجوده كان دليلا على أن الوضوء لا ينتقض إلا على بعض الملامسين دون بعض.
Dari sini dapat dipahami bahwa makna menyentuh sesungguhnya yang dimaksud adalah sentuhan yang disertai dengan cumbuan. Dalil lain yaitu hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah, ia berkata,
”Pada suatu malam, aku kehilangan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam dari tempat tidurku. Maka aku pun meraba-raba mencari beliau hingga kedua tanganku menyentuh bagian dalam kedua telapak kaki beliau, saat itu beliau berada di masjid, sementara kedua telapak kakinya ditegakkan” (HR. Mulsim 1/352)
Hadits ini menjelaskan tatkala Aisyah meletakkan tangannya pada kaki Rasulullah yang sedang sujud dan beliau memperpanjang suhudnya, hal ini menunjukkan bahwa wudhu seseorang tidak batal hanya karena sentuhan tanpa syahwat. Oleh karena itu dapat diartikan bahwa ada sebagian sentuhan yang tidak membatalkan dan ada sentuhan yang membatalkan.

وقال علي بن زياد: وإن كان عليها ثوب كثيف فلا شيء عليه، وإن كان خفيفا فعليه الوضوء. وقال عبدالملك بن الماجشون: من تعمد مس امرأته بيده لملاعبة فليتوضأ التذ أو لم يلتذ.
وقال الشافعي: إذا أفضى الرجل بشيء من بدنه إلى بدن المرأة سواء كان باليد أو بغيرها من أعضاء الجسد معلق نقض الطهر به؛ وهو قول ابن مسعود وابن عمر والزهري وربيعة. وقال الأوزاعي: إذا كان اللمس باليد نقض الطهر، وإن كان بغير اليد لم ينقضه؛ لقوله تعالى: "فلمسوه بأيديهم"
Ali bin Ziyad berkata, ”Jika ia menyentuh wanita tersebut dengan menggunakan kain yang tebal maka ia tidak wajib berwudhu, namun jika kainnya tipis maka ia wajib berwudhu”. Abdul Malik bin Al-Majisyun berkata, ”Barangsiapa yang menyentuh istrinya dengan tangnnya untuk berjima’ maka ia wajib berwudhu baik disertai dengan syahwat atau tidak”.
Asy-Syafi’i berkata, “Jika salah satu tubuh seorang lelaki menyentuh badan istrinya baik dengan tangan atau selainnya maka batal wudhunya”. Pendapat ini merupakan pernyataan Ibnu Mas’ud, Ibnu Umar, Az-Zuhri dan Rabi’ah. Al-Auza’i berkata, ”Apabila ia menyentuh dengan tangannya saja maka batal wudhunya dan jika ia menyentuhnya dengan selain tangan maka wudhunya tidak batal,” berdasarkan firman Allah : فلمسوه بأيديهم (Lalu mereka dapat menyentuhnya dengan tangannya sendiri” (QS. Al-An’am 6 : 7).
[Tafsir Al-Qurthubi 5, hal. 529-538].

Imam Asy-Syaukani dalam kitab Nailul Authar mengutip dan menjelaskan hadits-hadits berikut :
Dari Mu’adz bin Jabbal, ia berkata :
إن رسول الله صلى الله عليه وسلم أتاه رجلٌ فقال: يا رسول الله, ما تقول في رجلٍ لَقِيَ امْرَأَةً لَا يَعْرِفُهَا, فَلَيْسَ يَأْتِي الرَّجُلُ مِنِ امْرَأَتِهِ شَيْئاً إِلَّا أَتَاهُ مِنْهَا, غَيْرَ أَنَّهُ لَمْ يُجَامِعْهَا, قال: فَأَنْزَلَ الله عز وجل هذهِ الْاَيَةَ {أقمِ الصلاةَ طَرَفَيِ النَّهَارِ وَزُلَفًا مِنَ اللَّيْلِ إِنَّ الْحَسَنَاتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّئَاتِ ذَلِكَ ذِكْرَى لِلذَّاكِرِيْنَ},
قال: فقال له رسول الله صلى الله عليه وسلم «تَوَضَّأْ ثُمَّ صَلِّّ»
Ada seorang laki-laki dating kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam, lalu ia berkata, Ya Rasulullah, apa pendapatmu tentang seorang laki-laki yang bertemu seorang perempuan yang ia kenal, kemudian si laki-laki tersebut tidak mendatangi sesuatu kepada istrinya melainkan ia juga mendatangi kepada perempuan itu, hanya saja ia tidak menyetubuhinya? Muadz berkata, maka Allah menurunkan ayat ini (QS. Hud 115) yang artinya “Dan dirikanlah shalat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam” Lalu Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Berwudhulah dan shalatlah” (HR. Ahmad dan Ad-Daruquthni)
Asy-Syaukani dalam kitab Nailul Authar berkata :
وقد صرح البحر ابن عباس الذي علمه اللَّه تأويل كتابه واستجاب فيه دعوة رسوله بأن اللمس المذكور في الآية هو الجماع وقد تقرر أن تفسيره أرجح من تفسير غيره لتلك المزية‏.‏
وأما حديث الباب فلا دلالة فيه على النقض لأنه لم يثبت أنه كان متوضئًا قبل أن يأمره النبي صلى اللَّه عليه وآله وسلم بالوضوء ولا ثبت أنه كان متوضئًا عند اللمس فأخبره النبي صلى اللَّه عليه وآله وسلم أنه قد انتقض وضوءه‏.‏
Pengarang kitab Al-bahr menegaskan bahwa Ibnu Abbas yang telah diajari oleh Allah menta’wilkan Al-quran dan ia telah memenuhi panggilan RasulNya, menta’wilkan menyentuh yang disebutkan dalam ayat dengan ‘bersetubuh’. Pula telah menjadi ketetapan bahwa tafsirannya lebih kuat daripada tafsiran orang lain berdasarkan kelebihan yang dimilikinya.
Sementara hadits pada bab ini (hadits Mu’adz) tidak ada ungkapan yang menunjukkan bahwa menyentuh bisa membatalkan wudhu. Karena tidak tetap bahwa orang yang diperintah Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam untuk berwudhu itu telah berwudhu sebelumnya. Dan tidak tetap bahwa orang tersebut telah berwudhu, lalu Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam memberitahukan kepadanya bahwa menyentuh itu membatalkan wudhunya.
[Nailul Authar 1/160 (1/438)]
وعن إبراهيمَ التَّيْمِيِّ عن عائشة رضي اللَّه عنها‏:‏ ‏(‏أن النبيَّ صلى اللَّه عليه وآله وسلم كان يُقَبِّلُ بَعْضَ أزْوَاجِهِ ثم يُصَلِّي ولا يَتَوَضَّأ‏ُُ)‏‏.‏
Dan dari Ibrahim At-Taimi, dari Aisyah, bahwa lalu Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam pernah mencium salah seorang istrinya, kemudian ia terus mengerjakan shalat dan tidak berwudhu” (HR. Abu Dawud dan An-Nasa’i)

Asy-Syaukani berkata :
والحديث يدل على أن لمس المرأة لا ينقض الوضوء وقد تقدم ذكر الخلاف فيه
Hadits diatas menunjukkan bahwa menyentuh wanita tidak membatalkan wudhu, dan selisih pendapat tentang masalah ini telah dibicarakan sebelumnya.
[Nailul Authar 1/163 (1/439)]

وعن عائشة رضي اللَّه عنها قالت‏:‏ ‏(‏إن كان رسولُ اللَّه صلى اللَّه عليه وآله وسلم ليصلي وإني لَمُعْتَرِضَةُ بين يَدَيْهِ اعْتِرَاضَ الجنازةِ حتى إذا أراد أن يُوْتِرَ مَسَّنِي برجلهِ
Dan dari Aisyah, ia berkata, “Kalau Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam sedang shalat aku tidur melintang di hadapannya sebagaimana melintangnya jenazah, sehingga apabila ia bermaksud shalat witir, maka ia menyentuhku dengan kakinya” (HR. An-Nasa’i)

Asy-Syaukani berkata :
قال الحافظ في التلخيص‏:‏ إسناده صحيح وفيه دليل على أن لمس المرأة لا ينقض الوضوء وقد تقدم الكلام عليه
Al-Hafidz mengatakan, hadits di atas isnadnya sahih, dan menunjukkan bahwa menyentuh wanita tidak membatalkan wudhu, dan pembicaraan tentang hal itu telah disebutkan dahulu.
[Nailul Authar 1/163 (1/441)]

وعن عائشة قالت‏:‏ فَقَدْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيْلَةً مِنَ الْفِرَاشِ فَلْتَمَسْتُهُ فَوَقَعَتْ يَدِي عَلَى بَطْنِ قَدَمَيْهِ وَهُوَ فِي الْمَسْجِدِ وَهُمَا مَنْصُوبَتَانِ وَهُوَ يَقُوْلُ: اللّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ وَبِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوْبَتِكَ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْكَ لاَ أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ
Dan dari Aisyah, ia berkata, “”Pada suatu malam, aku kehilangan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam dari tempat tidurku. Maka aku pun meraba-raba mencari beliau hingga kedua tanganku menyentuh bagian dalam kedua telapak kaki beliau, saat itu beliau berada di masjid, sementara kedua telapak kakinya ditegakkan sambil berdoa ‘Ya Allah, aku berlindung dengan keridhaan-Mu dari kemurkaan-Mu dan dengan maaf-Mu dari hukuman-Mu. Dan aku berlindung kepada-Mu dari-Mu, aku tidak dapat menghitung pujian atas-Mu, Engkau sebagaimana yang Engkau puji terhadap diri-Mu’.” (HR. Muslim no. 486)

Asy-Syaukani berkata :
والحديث يدل على أن اللمس غير موجب للنقض وقد ذكرنا الخلاف فيه‏.‏
قال المصنف رحمه اللَّه تعالى‏:‏ وأوسط مذهب يجمع بين هذه الأحاديث مذهب من لا يرى اللمس ينقض إلا لشهوة انتهى‏.‏
Hadits diatas menunjukkan bahwa menyentuh wanita tidak membatalkan wudhu, dan selisih pendapat tentang masalah ini telah dibicarakan sebelumnya.
Al-Mushannif mengatakan, madzhab yang mengambil jalan tengah yaitu mengkompromikan antara hadits-hadits tersebut di atas, yakni menyentuh wanita itu tidak membatalkan wudhu kecuali karena syahwat, selesai.
[Nailul Authar 1/163 (1/441)]

Imam Syafi’i berkata dalam kitab Al-Umm :
أخبرنا مالك عن ابن شهاب عن سالم بن عبد الله عن أبيه قال قبلة الرجل امرأته وجسها بيده من الملامسة فمن قبل امرأته أو جسها بيده فعليه الوضوء وإذا أفضى الرجل بيده إلى امرأته أو ببعض جسده إلى بعض جسدها لا حائل بينه وبينها بشهوة أو بغير شهوة وجب عليه الوضوء ووجب عليها
Telah sampai kepada kami dari Ibnu Mas’ud yang mendekati makna ucapan Ibnu Umar : Apabila seorang laki-laki menyentuhkan tangannya kepada istrinya, atau bersentuhan sebagian tubuhnya pada sebagian tubuh istrinya dimana tidak ada pembatas antara dia dan istrinya, baik dengan nafsu birahi atau tidak, maka wajib atas keduanya berwudhu.
[Ringkasan Kitab Al-Umm 1, hal. 26]

Ibnu Rusyd dalam kitab bidayatul Mujtahid mengatakan :
والذي أعتقده أن اللمس وإن كانت دلالته على المعنيين بالسواء أو قريبا من السواء أنه أظهر عندي في الجماع وإن كان مجازا
Saya yakin bahwa maksud kata al-lams walaupun mengandung dua arti, menyentuh dan bersetubuh, itu mempunyai argumentasi yang sama atau hamper sama yang berarti bersetubuh, walaupun itu menggunakan arti majaz.
[Bidayatul Mujtahid 1, hal. 68]

Imam Nawawi dalam kitab Raudhatuth Thalibin berkata :
قلت ولو التقت بشرتا رجل وامرأة بحركة منهما انتقضتا قطعا وليس فيهما ملموس
ولو لمس الشيخ الفاقد للشهوة شابة أو لمست الفاقدة للشهوة شابا أو الشابة شيخا لا يشتهى انتقض على الأصح ,والله أعلم
Saya katakana, “Apabila kulit laki-laki bertemu dengan kulit perempuan sebab adanya gerakan dari keduanya, maka secara pasti wudhu keduanya menjadi batal, karena dalam kasus ini bukan lagi terjadi sentuhan. Jika seorang laki-laki lanjut usia yang sudah hilang syahwat menyentuh perempuan muda, perempuan lanjut usia yang sudah hilang syahwat menyentuh laki-laki muda, atau perempuan muda menyentuh laki-laki lanjut usia tanpa syahwat, maka yanag ashah adalah membatalkan wudhu” Wallahu a’lam.
[Raudhatuth Thalibin 1/60 (1/245)].

Imam Ash-Shan’ani dalam kitab subulus salam  mengatakan :
وقد فسر علي عليه السلام الملامسة بالجماع. وفسرها حبر الأمة ابن عباس بذلك، وهو المدعو له بأن يعلمه الله التأويل، فأخرج عنه عبد بن حميد أنه فسر الملامسة بعد أن وضع أصبعيه في أذنيه: ألا وهو النيك، وأخرج عنه الطستي أنه سأله نافع بن الأزرق عن الملامسة، ففسرها بالجماع،
مع أن تركيب الاية الشريفة وأسلوبها يقتضي أن المراد بالملامسة الجماع؛ فإنه تعالى عدّ من مقتضيات التيمم المجيء من الغائط تنبيهاً على الحدث الأصغر، وعدّ الملامسة تنبيهاً على الحدث الأكبر، وهو مقابل لقوله تعالى في الأمر بالغسل بالماء:
{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلاةِ فاغْسِلُواْ وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُواْ بِرُؤُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَينِ وَإِن كُنتُمْ جُنُباً فَاطَّهَّرُواْ وَإِن كُنتُم مَّرْضَى أَوْ عَلَى سَفَرٍ أَوْ جَآءَ أَحَدٌ مِّنْكُمْ مِّنَ الْغَائِطِ أَوْ لاَمَسْتُمُ النِّسَآءَ فَلَمْ تَجِدُواْ مَآءً فَتَيَمَّمُواْ صَعِيداً طَيِّباً فَامْسَحُواْ بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِّنْهُ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُم مِّنْ حَرَجٍ وَلَـ كِن يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ}.
ولو حملت الملامسة على اللمس الناقض للوضوء لفات التنبيه على أن التراب يقوم مقام الماء في رفعه للحدث الأكبر، وخالف صدر الاية.
Ali Rhadiallahu ‘anhu menafsirkan al-mulamasah dengan jima’ dan juga ditafsirkan oleh Ibnu Abbas, dialah yang didoakan agar diajarkan ta’wil oleh Allah. Abdun bin Humaid meriwayatkan darinya bahwa ia menafsirkan ‘mulamasah’ stelah meletakkan kedua jari pada telinganya, “Ketahuilah, yaitu bersetubuh” Dan diriwayatkan darinya oleh Ath-Thastiyi bahwa ia ditanya oleh Nafi’ bin Al-Azraq tentang ‘mulamasah’, maka ia menafsirkannya dengan jima’ (bersetubuh).
Disamping itu, susunan ayat dan uslubnya menunjukkan bahwa yang dimaksud dengan al-mulamasah adalah jima’. Karena Allah subhanahuwata’ala menegaskan bahwa diantara yang membolehkan tayamum adalah kembali dari buang air besar, untuk menegaskan adanya hadats kecil, dan menyebutkan al-mulamasah untuk menegaskan atas hadats besar. Hal tersebut sepadan dengan firman Allah Subhanahu wata’ala mengenai perintah mencuci dengan air :
“…dan jika kamu junub maka mandilah….” QS. Al-Maidah ; 6)
Seandainya ‘mulamasah’ dipahami dengan sentuhan yang membatalkan wudhu, niscaya akan hilang penegasan bahwa tanah dapat menggantikan air dalam menghilangkan hadats besar, dan bertentangan dengan awal ayat, dan Al-hanafiyah memiliki keterangan rinci yang tidak dapat dijadikan sebagai dalil.
[subulus salam 1/50 (1/156)]

Sayyid Sabiq dalam kitab Fiqih Sunnah mengatakan : Di sini kita ingin mengemukakan perkara-perkara yang disangka membatalkan wudhu, padahal ia tidak membatalkan. Karena, tidak ada alas an-alasan dari hadits sahih yang dapat dijadikan debagai pegangan dalam masalah ini, diantaranya adalah ‘Menyentuh perempuan tanpa pembatas’.
[Fiqih Sunnah 1, hal. 65].

Ibnu Taimiyah berkata (Majmu’atul Fatawa 18/210), “Tidak seorang pun menukil dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bahwa beliau menyuruh kaum muslimin berwudhu karena menyentuh wanita tidak pula dinukil bahwa beliau berwudhu karenanya. Tidak ada perbedaan dalam hal ini.”
[http://ikatanwargaislaminalum.com/index.php?option=com_content&view=article&id=261:batalkah-wudhu-karena-menyentuh-wanita&catid=38:fiqih-islam&Itemid=59]

Kesimpulan :
Mayorutas ulama berpendapat bahwa bersentuhan antara laki-laki dan perempuan yang tidak disertai dengan syahwat, tidak membatalkan wudhu.

Wallahu a’lam.

Sumber rujukan :
-Ibnu Katsir, Tafsir Ibnu Katsir, Puataka Imam Syafi’i, 2003.
-Imam Al-Qurthubi, Tafsir Al-Qurthubi, Pustaka Azzam, Jakarta, 2007.
-Jalaluddin Al-Mahalli dan Jalaluddin As-Suyuti, Tafsir Jalalain, Sinar Baru, Bandung, 2003
-Imam Asy-Syaukani, Nailul Author, Pustaka Azzam, Jakarta, 2006.
-Ibnu Rusyd, Bidayatul Mujtahid, Pustaka Amani, Jakarta, 2002.
-Imam Nawawi Raudhatuth Thalibin, Pustaka Azzam, Jakarta, 2007.
-Sayyid Sabiq, Fiqih Sunnah, Pena Pundi Aksara, Jakarta, 2006
-Ibnu Hajar Al-Asqalani, Bulughul Maram, Mutiara Ilmu, Surabaya, 1995.
-Muhammad bin Ismail Al-Amir Ash-Shan’ani, Subulus salam, Darus Sunnah Press, Jakarta, 2006
-Imam Syafi’i, Ringkasan Kitab Al-Umm, Pustaka Azzam, Jakarta, 2005


*Slawi, Maret 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

YANG BERHAK MENERIMA ZAKAT FITRAH

  YANG BERHAK MENERIMA ZAKAT FITRAH Oleh : Masnun Tholab   Hukum Zakat Fitrah Sayyid Sabbiq dalam kitab Fiqih Sunnah mengatakan bahw...