Rabu, 30 Maret 2011

HAKIM YANG ADIL

HAKIM YANG ADIL
Oleh : Masnun Tholab
www.masnuntholab.blogspot.com

Segala puji bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam.
Shalawat dan salam semoga senantiasa Allah limpahkan kepada Nabi Muhammad Shallallaahu ’alaihi wasallam beserta keluarga dan para sahabatnya.

Para hakim dan para pengambil keputusan bisa belajar dari kisah yang dikutip Imam Nawawi dalam kitab Riyadus Salikhin berikut ini.

وعن أبي هريرة رضي الله عنه أنه سَمِعَ رسولَ الله صلى الله عليه وسلم يقول كَانَتِ امْرَأَتَانِ مَعَهُمَا اَبْنَاهُمَا جَاءَ الذِّئْبُ فَذَهَبَ بِابْنِ إِحْدَاهُمَا فَقَالَتْ لِصَاحِبَتِهَا إنما ذَهَبَ بِابْنِكَ وَقَالَتِ الْأُخْرَى إنما ذهب بِابْنِكَ فَتَحَاكَمَا إلى دَاوُدَ صلى الله عليه وسلم فَقَضَي بِهِ لِلْكُبْرَى فَخَرَجْتَا على سُلَيْمَانَ بْنِ دَاوُدَ صلى الله عليه وسلم فأخْبَرَتَاهُ فقال ائْتُوْنِي بِالسِّكِّيْنِ أَشُقُّهُ بَيْنَهُمَا فَقَالَتِ الصُّغْرَى لا تَفْعَلْ رَحِمَكَ اللهُ هو ابْنُهَا فَقَضَي بِهِ لِلصُّغْرَى
Dari Abu Hurairah r.a. bahawasanya ia mendengar Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Ada dua orang wanita yang disertai oleh anaknya masing-masing. Lalu datanglah seekor serigala, kemudian serigala ini pergi membawa anak salah seorang dari keduanya itu.
Yang seorang berkata kepada kawannya: "Hanyasanya serigala tadi pergi dengan membawa anakmu," sedang lainnya berkata: "Hanyasanya yang dibawa pergi olehnya tadi adalah anakmu."
Keduanya meminta keputusan hukum kepada Nabi Dawud Alaihissalam, lalu memutuskan untuk diberikan kepada yang tertua di antara kedua wanita tadi.
Keduanya keluar untuk meminta keputusan hukum kepada Nabi Sulaiman bin Dawud Alaihissalam, lalu keduanya memberitahukan hal- ihwalnya. Sulaiman berkata: "Bawalah ke mari pisau itu, agar saya dapat membelahnya untuk dibahagikan kepada keduanya."
Tiba-tiba yang kecil - yakni yang muda - di antara kedua wanita itu berkata: "Jangan anda kerjakan itu, semoga Allah memberikan kerahmatan kepada anda. Memang itu adalah anak sahabatku ini."
Tetapi Sulaiman Alaihissalam lalu memutuskan bahawa anak itu adalah milik yang muda." (Muttafaq 'alaih)

Slawi, Maret 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

YANG BERHAK MENERIMA ZAKAT FITRAH

  YANG BERHAK MENERIMA ZAKAT FITRAH Oleh : Masnun Tholab   Hukum Zakat Fitrah Sayyid Sabbiq dalam kitab Fiqih Sunnah mengatakan bahw...