SHALAT SUNNAH FAJAR
Oleh : Masnun Tholab
www.masnuntholab.blogspot.com
Segala puji bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam.
Shalawat dan salam semoga senantiasa Allah limpahkan kepada Nabi Muhammad Shallallaahu ’alaihi wasallam beserta keluarga dan para sahabatnya.
Sayyid Sabiq berkata :
Banyak hadits yang menjelaskan betapa besar keutamaan menjaga dan tetap istiqamah melakukan shalat sunnah fajar itu.
Dari Aisyah RA, Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam pernah menerangkan keutamaan shalat sunnah dua rekaat sebelum shalat fajar. Baginda bersabda,
هما أحب من الدنيا جَمِيْعًا
”Kedua rekaat itu lebih aku sukai daripada dunia seluruhnya,” (HR. Ahmad, Muslim dan Tirmidzi).
Dari Abu Hurairah RA, Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda,
لا تدعوا ركعتي الفجر ولو طَرَدَتْكُمُ الْخَيْلَ
”Jangan engkau tinggalkan kedua rekaat sunnah fajar itu, sekalipun kamu dikejar-kejar oleh tentara berkuda”
Pengertian hadits ini, yaitu hendaknya dua rekaat sunnah fajar itu jangan sekali-kali ditinggalkan sekalipun waktu itu dikejar-kejar musuh.
Aisyah RA berkata,
لَمْ يَكُنْ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى شَيْءٍ مِنَ النَّوَافِلِ أَشَدُّ مُعَاهَدَةً مِنْهُ عَلَى الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْفَجْرِ
“Tidak pernah Rasulullah shalallahu'alaihi wa sallam amat sangat mementingkan suatu nawafil seperti halnya terhadap dua raka’at sebelum fajar.” (Dikeluarkan oleh Al-Bukhâriy[38], Muslim[39], Ahmad[40], Abû Dâwûd[41] dan An-Nasâ-iy[42]). Ini lafaz dari An-Nasâ-iy.
Imam Ash-Shan’ani dalam kitab Subulussalam berkata :
تعاهداً، أي محافظة، وقد ثبت أنه كان لا يتركهما حضراً ولا سفراً، وقد حكى وجوبهما عن الحسن البصري
(ومسلم) أي عن عائشة مرفوعاً، (ركعتا الفجر خير من الدنيا وما فيها) ، أي أجرهما خير من الدنيا، وكأنه أريد بالدنيا الأرض وما فيها أثاثها ومتاعها. وفيه دليل على الترغيب في فعلهما وأنها ليستا بواجبتين إذ لم يذكر العقاب في تركهما بل الثواب في فعلهما
Yang dimaksud dengan ta’ahud dalam hadits adalah menjaga. Berdasarkan riwayat yang kuat bahwa beliau tidak pernah meninggalkan dua rekaat fajar ini, baik dalam perjalanan maupun tidak, dan diceritakan bahwa Al-Hasan Basri mewajibkannya.
Menurut riwayat Muslim, “Dua rekaat fajar lebih baik daripada dunia dan isinya,” (HR. Muslim 275)
Yaitu pahala dua rekaat ini lebih baik daripada dunia, sedangkan yang dimaksud dengan dunia adalah bumi dengan segala isinya baik apa-apa yang terkandung di dalamnya ataupun yang menjadi perhiasan di atasnya. Hadits ini memberikan anjuran untuk melakukan dua rekaat fajar dan dua rekaat ini bukanlah suatu kewajiban karena tidak disebutkan sangsi dalam meninggalkannya, tetapi hanya menyebutkan ganjaran dalam melakukannya.
[Subulussalam1, hal. 574].
Keringanan dalam Sunnah Fajar
Yang terkenal dari petunjuk Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam yaitu bahwa beliau suka meringankan bacaan dalam kedua rekaat sunnah fajar.
Hafsah RA berkata,
كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّم يصلى ركعتي الفجر قَبْلَ الصُّبْحِ فى بيتى يُخَفِّفُهُمَا جِدًا. قال نافعُ وكان عبد الله ابن عُمَرَ يُخَفِّفُهُمَا كذالك
“Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam mengerjakan shalat dua rekaat sebelum shubuh di rumahku dan beliau melakukannya cepat sekali”. Nafi berkata, ”Abdullah bin Umar juga melakukannya dengan cepat”. (HR. Ahmad, Bukhari, Muslim)
Aisyah RA berkata,
كَانَ النَّبِيُّ صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّم يُخَفَّفُ الرَّكْعَتَيْنِ اللَّتَيْنِ قَبْلَ صَلاةِ الصُّبْحِ حَتَّى إنِّي أَقُولُ: أَقَرَأَ بِأُمِّ الْكِتَابِ
Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam meringkaskan dua rakaat sebelum sholat Shubuh sampai aku bertanya: Apakah beliau membaca Ummul Kitab (al-Fatihah)? (HR. Bukhari 1171, Muslim 724)
[Bulughul Maram, hal. 158]
Aisyah RA berkata,
كَانَ قيام رَسُوْلُ اللهِ صَلّى الله عَلَيْهِ فى رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ صَلاةِ الْفَجْرِ قدر ما يقرأ فاتحات الْكِتَابِ
”Berdirinya Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam dalam kedua rakaat sebelum sholat Shubuh itu hanyalah sekedar untuk membaca Ummul Kitab (al-Fatihah) belaka” ( Muttafaq Alaihi).
Imam Ash-Shan’ani dalam kitab Subulussalam berkata :
أي نافلة الفجر (حتى إني أقول أقرأ بأم الكتاب) يعني أم لا لتخفيفه قيامها وإلى تخفيفهما ذهب الجمهور
Ungkapan, ”Apakah beliau membaca Ummul Kitab (al-Fatihah)?” yakni apakah beliau membaca Al-Fatihah atau tidak, karena ringannya beliau dalam melaksanakan dua rekaat shalat sunnah tersebut. Meringankan shalat sunnah sebelum Shubuh ini adalah mazhab mayoritas ulama.
[Subulussalam1, hal. 579].
Surat-surat yang Dibaca
Sayyid Sabiq berkata :
Dalam melakukan shalat sunnah fajar itu disunnahkan pula membaca surat-surat sebagaimana yang diajarkan oleh Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam.
Aisyah RA berkata,
كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّم يقرأفى ركعتىَ الفجرِ : (قل يا أيهاالكافرون) و (قل هوالله أحد) وكان يُسِرُّ بِهَا
“Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam itu di dalam kedua rekaat fajar itu membaca surat Al-Kaafiruun dan al-ikhlash serta dibaca secara perlahan-lahan” (HR. Ahmad dan Thahawi)
Tentu saja beliau membaca surat itu tadi setelah surah Al-Fatihah, sebab sebagaimana yang diuraikan tadi, shalat itu tidak sah tanpa membaca surah Al-Fatihah.
Dari Aisyah RA, Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda,
نِعْمَ السُّوْرَتَانِ هما , كان يقرأ بهمافى ركعتين قبل الفجرِ : (قل يا أيهاالكافرون) و (قل هوالله أحد)
Dari Jabir diterangkan bahwa ada seorang yang shalat sunnah sebelum subuh dan dalam rekaat pertama ia membaca surah Al-Kafiruun sehingga selesai. Maka Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda,
هذا عبد عرفربه. وقرأ فى الاخرة : (قل هوالله أحد) حتى انقضت السورة. فقال النَّبِيُّ صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّم هذا عبد امن بربه. قال طلحة : فأنا أحت أن أقرأ بهاتين فى هاتين الركعتين
“Inilah hamba yang mengenal Thannya> Dalam rekaat yang penghabisan, ia membaca surah Al-Ikhlas sehingga selesai” Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda pula, ”Inilah hamba yang beriman kepada Tuhannya”. Thalhah berkata, ”Oleh karena itulah, aku gemar membaca kedua surah itu dalam kedua rekaat ini” (HR. Ibnu Hibban dan Thahawi).
Ibnu Abbas RA berkata,
أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يقرأ في الأولى بعد الفاتحة { قولوا آمنا بالله } وفي الثانية { قل يا أهل الكتاب تعالوا إلى كلمة سواء بيننا وبينكم ألا نعبد إلا الله ولا نشرك به شيئا ولا يتخذ بعضنا بعضا أربابا من دون الله فإن تولوا فقولوا اشهدوا بأنا مسلمون}
”Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam di dalam kedua rekaat fajar itu membaca –maksudnya pada rekaat pertama setelah al-Fatihah- beliau membaca ayat berikut, (QS. Al-Baqarah 2 : 136)
Sedangkan dalam rekaat kedua beliau membaca surah berikut, (QS. Ali-Imran 3 : 64)”
(HR. Muslim 727)
Juga dalam riwayat Abu Dawud dari Ibnu Abbas diterangkan
كان يقرأ في الركعة الأولى : { قولوا آمنا بالله } وفي الثانية : {فلما أحس عيسى منهم الكفر قال من أنصاري إلى الله قال الحواريون نحن أنصار الله آمنا بالله واشهد بأنا مسلمون}
“bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam membaca, “Quu Luu aamana….(QS. Al-Baqarah 2 : )
Dan dalam rekaat kedua membaca, (QS. Ali-Imran 3 : 52)”
Boleh pula dalam kedua rekaat sunnah fajar itu bahwa seseorang menyingkat dengan hanya membaca surah Al-Fatihah dengan alasan hadits yang telah diriwayatkan Aisyah yang lalu, yang menerangkan bahwa berdirinya Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam itu hanyalah sekedar cukup untuk membaca Al-Fatihah itu.
[Fiqih Sunnah 1, hal.266 ; lihat Raudhatuth Thalibin 1/371 (1/686)].
Doa Setelah Shalat Sunnah Fajar
Sayyid Sabiq berkata :
Imam Nawawi dalam kitab Al-Adzkar menerangkan, “Diriwayatkan kepada kita dalam kitab Ibnus Sunni dari Abdul Malih yang namanya sendiri ialah Amir bin Usamah dari ayahnya bahwa ayahnya itu mengerjakan shalat fajar dua rekaat. Dan Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam mengerjakan shalat yang berdekatan dengannya sebanyak dua rekaat yang singkat. Disebabkan mengerjakan shalat berdekatan, maka dia mendengar Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam membaca bacaan sambil duduk setelah selesai mengerjakan shalatnya itu,
"اللهم ربُّ جبريلَ وإسرافيلَ وميكائيلَ ومحمدٍ النبىِّ صلى اللَّه عليه وآله وسلم أعوذ بك من النار" ثلاث مرات
“Ya Allah, Tuhan Jibril, Israfil, Mikail, dan Nabi Muhammad Shallallaahu ‘alaihi wasallam. Aku mohon perlindungan-Mu dari siksa api neraka” sebanyak tiga kali.
Dalam kitab itu diriwayatkan kepada kita dari Anas dari Nabi Muhammad Shallallaahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda,
مَنْ قالَ صَبِيحَةَ يَوْمِ الجُمُعَةِ قَبْلَ صَلاةِ الغَدَاةِ: أسْتَغْفِرُ اللَّهَ الَّذِي لا إِلهَ إِلاَّ هُوَ الحَيَّ القَيُّومَ وأتُوبُ إِلَيْهِ ثَلاثَ مَرَّاتٍ غَفَرَ اللَّهُ ذُنُوبَهُ وَلَوْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ البَحْرِ
Barangsiapa membaca pada pagi hari jumat sebelum melaksanakan shalat shubuh, ”Aku mohon ampun kepada Allah yang tiada Tuhan kecuali Dia, Yang Mahahidup dan Mengatur makhlukNya, dan aku bertobat kepada-Nya” sebanyak tiga kali, maka Allah ta’ala mengampuni semua dosanya walau sebanyak buih lautan”
[Fiqih Sunnah 1, hal.266; Al-Adzkar 96/149].
Berbaring Sesudah Shalat Fajar
Imam Nawawi dalam kitab Raudhatuth Thalibin berkata :
والسنة أن يضطجع بعد سنة الفجر قبل الفريضة فإن لم يفعل فصل بينهما لحديث عن عائشة رضي الله عنها كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا صَلَّى رَكْعَتَي الْفَجْرِ فإِنْ كُنْتُ نَائِمَةً اضْطَجَعَ وَإِنْ كُنْتُ مُسْتَيْقِظَةً حَدّثَنِي
Disunahkan berbaring setelah shalat sunah fajar dan sebelum mengerjakan shalat shubuh. Jika dia tidak tidur, maka pisahkanlah antara keduanya dengan berbicara (antara shalat sunnah fajar dan shalat shubuh).Berdasarkan hadits Aisyah RA,,
“Adalah Nabi shallallahu 'alaihi wasallam apabila telah menunaikan dua raka’at fajar, dan saya masih tidur, beliau pun berbaring; apabila saya sudah bangun, beliau bercakap-cakap dengan saya.” (Dikeluarkan oleh Muslim[48] dan Abû Dâwûd[49]). Ini lafaz dari Abû Dâwûd.
[Raudhatuth Thalibin 1/371 (1/686)].
Aisyah RA berkata,
كان رسول اللَّه صلى اللَّه عليه وآله وسلم إذا صلى ركعتي الفجر اِضْطَجَعَ على شِقِّهِ الْأَيْمَنِ
”Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam apabila telah menunaikan dua raka’at fajar, lalu berbaring atas pinggang kanannya” (HR. Jamaah)
Sayyid Sabiq berkata :
وقداختلف فى حكمه اختلافا كثيرا, والذى يظهر أنه مستهب فى حق من صلى السنة فى بيته دون من صلاها فى المسجد. قال الحافظ فى الفتح : وذهت بعض السلف إلى استحبابها فى البيت دون المسجد وهو محكى عن ابن عمر أنه كان بحصب من يفعله فى المسجد. أخرجه ابن أبى شيبة. انتهى. وسئل عنه الإمام أحمد فقال : ماأفعله, وإن فعله رجل فحسن.
Tentang hukum berbaring itu banyak sekali perselisihan pendapat diantara para ulama. Hanya yang lebih kuat yakni bahwa berbaring itu disunnahkan bagi orang yang melakukan shalat sunnah fajar di rumahnya dan tidak disunnahkan bagi orang yang melakukannya di masjid.
Al-Hafidz berkata dalam kitab Fathul Bari, “Sebagian ulama menetapkan sunnah bila dilakukan di rumah, bukan di masjid. Hal ini berpedoman kepada apa yang diriwayatkan dari Ibnu Umar dan pendapat demikian dikuatkan oleh sebagian ulama kita dengan alasan bahwa belum ada sebuah riwayatpun yang menyatakan bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam pernah melakukannya di masjid. Demikianlah keterangan yang dikeluarkan oleh Ibnu Abu Syaibah”
Imam Ahmad ketika ditanya mengenai berbaring itu, ia berkata, “Aku sendiri tidak berbuat demikian itu, tetapi jikalau ada orang yang melakukannya, maka itupun baik,”
[Fiqih Sunnah 1, hal.267].
Mengqadha’ Shalat Sunnah Fajar
Dari Abu Hurairah ra, Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda,
من لم يُصَلِّ ركعتي الفجر فَلْيُصَلِّهَا بعد ما تَطْلُعُ الشَّمْسُ
”Barangsiapa yang tidak shalat dua rekaat fajar, maka hendaklah ia melaksanakannya setelah shalat terbit” (HR. Tirmidzi)
[Nailul Authar 1, hal. 628]
Imam Asy-Syaukani dalam kitab Nailul Authar berkata :
والحديث استدل به على أن من لم يركع ركعتي الفجر قبل الفريضة فلا يفعل بعد الصلاة حتى تطلع الشمس ويخرج الوقت المنهي عن الصلاة
فيه وإلى ذلك ذهب الثوري وابن المبارك والشافعي وأحمد وإسحاق حكى ذلك الترمذي عنهم وحكاه الخطابي عن الأوزاعي قال العراقي: والصحيح من مذهب الشافعي أنهما يفعلان بعد الصبح ويكونان أداء.
وليس في الحديث ما يدل على المنع من فعلهما بعد صلاة الصبح ويدل على عدم الكراهة أيضا حديث قيس بن عمرو أو ابن فهد أو ابن سهل على اختلاف الروايات عند الترمذي وأبي داود وابن ماجه قال: خرج رسول اللَّه صلى اللَّه عليه وآله وسلم فأقيمت الصلاة فصليت معه الصبح ثم انصرف النبي صلى اللَّه عليه وآله وسلم فوجدني أصلي فقال: مهلًا يا قيس أصلاتان معًا قلت: يا رسول اللَّه إني لم أكن ركعت ركعتي الفجر قال: فلا إذن
ولفظ أبي داود قال: رأى رسول اللَّه صلى اللَّه عليه وآله وسلم رجلًا يصلي بعد صلاة الصبح ركعتين فقال: صلاة الصبح ركعتان فقال الرجل: إني لم أكن صليت الركعتين اللتين قبلهما فصليتهما الآن فسكت
وفي الحديث مشروعية قضاء النوافل الراتبة وظاهره سواء فاتت لعذر أو لغير عذر
Ini sebagai dalil, bahwa orang yang tidak melaksanakan dua rekaat fajar sebelum shalat shubuh, maka hendaknya ia tidak langsung melaksanakannya (mengqadhanya) setelah shubuh, akan tetapi menanti hingga terbit matahari dan telah keluar dati waktu yang dilarang melakukan shalat.
Hadits ini tidk menunjukkan larangan melakukannya setelah melaksanakan shalat shubuh, dan yang menunjukkan tidak makruhnya adalah hadits Qais bin Fahd, yang mana ia menuturkan, ”Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam datang lalu diiqamahkan untuk shalat (shubuh), akupun shalat Shubuh bersama beliau, kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berbalik, lalu ia mendapatiku sedang shalat, maka beliau berkata, ”Sebentar wahai Qais, apakah itu berarti ada dua shalat bersamaan?” Aku jawab, ”Wahau Rasulullah, aku belum melaksanakan dua rekaat fajar”. Beliau berkata lagi, ”Kalau begitu berarti tidak”
Dalam lafadz Abu Daud dikemukakan, ”Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melihat seorang lelaki melakukan shalat dua rekaat setelah shalat shubuh, lalu beliau bersabda, ’Shubuh itu dua rekaat’ Laki-laki itu berkata, ’Sesungguhnya aku belum melaksanakan dua rekaat yang sebelumnya, lalu aku melaksanakannya sekarang’. Beliaupun diam”
Hadits-hadits ini mengisyaratkan disyariatkannya mengqadha shalat sunnah rawatib yang tertinggal, baik itu karena udzur maupun tidak.
[Nailul Authar 1, hal. 629]
Sayyid Sabiq berkata :
وظاهر الأحاديث أنها تقضى قبل طلوع الشمس وبعد طلوعها, سواء كان فواتها لعذر أو لغير عذر و سواء فاتت وحدها أو مع الصبح
Hadits-hadits di atas itu menyatakan bahwa shalat sunnah Fajar boleh diqadha’ sebelum terbit matahari ataupun sesudahnya. Meskipun keterlambatannya disebabkan adanya udzur atau lainnya, bahkan mengqadha’ tersebut tetap dibolehkan meski keterlambatan itu hanya shalat sunnah fajar itu atau bersamaan dengan shubuh.
[Fiqih Sunnah 1, hal.268].
Wallahu a’lam.
Sumber rujukan :
-Sayyid Sabiq, Fiqih Sunnah, Pena Pundi Aksara, Jakarta, 2006
-Ibnu Hajar Al-Asqalani, Bulughul Maram, Mutiara Ilmu, Surabaya, 1995.
-Muhammad bin Ismail Al-Amir Ash-Shan’ani, Subulus salam, Darus Sunnah Press, Jakarta, 2006
-Imam Asy-Syaukani, Nailul Author, Pustaka Azzam, Jakarta, 2006.
-Imam Nawawi Al-Adzkar, Darul Ihya’ Indonesia, 2008
-Imam Nawawi Raudhatuth Thalibin, Pustaka Azzam, Jakarta, 2007.
-Imam Syafi’i, Ringkasan Kitab Al-Umm, Pustaka Azzam, Jakarta, 2005
*Slawi, Februari 2011
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
YANG BERHAK MENERIMA ZAKAT FITRAH
YANG BERHAK MENERIMA ZAKAT FITRAH Oleh : Masnun Tholab Hukum Zakat Fitrah Sayyid Sabbiq dalam kitab Fiqih Sunnah mengatakan bahw...
-
MENGUSAP KEPALA DALAM BERWUDHU Oleh : Masnun Tholab www.masnuntholab.blogspot.com Segala puji bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam. Sha...
-
MENYENTUH KEMALUAN MEMBATALKAN WUDHU? Oleh : Masnun Tholab www.masnuntholab.blogspot.com Segala Puji bagi Allah, Tuhan seru sekalia...
-
TALKIN (Sebelum Meninggal) Oleh : Masnun Tholab www.masnuntholab.blogspot.com إِنَّ الْحَمْدَ لِلهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ و...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar