Rabu, 23 Februari 2011

SHALAT JAMAK BUKAN DALAM BEPERGIAN

SHALAT JAMAK BUKAN DALAM BEPERGIAN
Oleh : Masnun Tholab
www.masnuntholab.blogspot.com


Segala puji bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam.
Shalawat dan salam semoga senantiasa Allah limpahkan kepada Nabi Muhammad Shallallaahu ’alaihi wasallam beserta keluarga dan para sahabatnya.

Menjamak shalat tidak hanya disyari’atkan bagi orang yang bepergian, atau melakukan perjalanan, tapi juga bagi orang yang tidak sedang dalam perjalanan.

Menjamak di Arafah dan Muzdalifah
Sayyid Sabiq dalam kitab Fiqih Sunnah berkata :
اتق العلماء على أن الجمع بين الظهر والعصر جمع التقديم فى وقت الظهربعرفة, وبين المغرب والعشاء جمع تأخر فى وقت العشاء بمزدلفة سنة, لفعل رَسُوْلُ الله صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
Para ulama sependapat bahwa sunnah menjamak shalat dhuhur dan ashar dengan cara takdim pada waktu zhuhur di Arafah, begitu juga antara shalat maghrib dan isya dengan cara ta'khir di waktu isya di Muzdalifah. Hal ini berdasarkan apa yang dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam.
[Fiqih Sunnah 1/207(1/437)]

Menjamak di Waktu Hujan
Sayyid Sabiq berkata :
Dalam Sunan-nya, Al-Atsram meriwayatkan dari Abu Salamah bin Abdurrahman, “Termasuk sunnah Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam menjamak shalat Maghrib dengan Isya apabila hujan lebat”.
Bukhari meriwayatkan pula,
انَ النبي صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جَمَعَ بَيْنَ المَغْربِ وَالعِشَاءِ فِى ليْلةٍ مَطِيْرَةٍ
Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam menjamak shalat maghrib dan isya pada suatu malam yang diguyur hujan lebat”. (HR.Bukhari)
Kesimpulan pendapat mazhab-mazhab mengenai soal ini adalah sebagai berikut :
أن الشافعية تجوز للمقيم الجمع بين الظهر والعصر وبين المغرب والعشاء جمع التقديم.
وعند مالك أنه يجوز جمع تقديم فى المسجد بين المغرب والعشاء لمطر واقع أو متوقع وللطين مع الظلمة إذا كان الطين كثيرا يمنع أواسط الناس من ليس النعل وكره الجمع بين الظهر والعصر للمطر.
وعند الحنا بلة يجوز الجمع بين المغرب والعشاء فقط تقديما وتأحيرا بسبب الثلج والجليد والوحل والبرد الشديد والمطر الذى يبل الثياب, وهذه الرخصة تحتص بمن يصلى جماعة بمسجد يقصد من بعيد يتأذى بالمطر فى طريقة, فأما من هو فى المسجد أو يصلى فى بيته جماعة أو يمشى إلى المسجد مستترا بشيء أو كان المسجد فى باب داره فإنه لايجوزله الجمع.
Golongan Syafi'I memperbolehkan seseorang yang mukim untuk menjamak shalat zhuhur dengan ashar dan maghrib dengan isya' secara taqdim saja.
Menurut Maliki, boleh menjamak taqdim di masjid antara maghrib dan isya disebabkan hujan yang telah dan akan turun. Juga dibolehkan menjamak karena terdapat banyak Lumpur di tengah jalan dan malam sangat gelap hingga menyulitkan kaum muslimin memakai sandal. Menjamak shalat Dhuhur dan Ashar karena hujan adalah dimakruhkan.
Golongan Hambali berpendapat boleh menjamak maghrib dengan isya saja, baik secara takdim atau ta'khir disebabkan adanya salju, Lumpur, dingin yang luar biasa, dan hujan yang membasahi pakaian. Keringanan hanya khusus bagi orang yang mengerjakan shalat jamaah di masjid yang datang dari tempat yang jauh, hingga dengan adanya hujan dan sebagainya, ini menjadi penghalang dalam perjalanan. Adapun bagi orang yang rumahnya berdekatan dengan masjid atau orang yang mengerjakan shalat jama'ah di rumah, atau ia dapat pergi ke masjid dengan melindungi tubuh, ia tidak boleh menjamak.
[Fiqih Sunnah 1/208 (1/ 440)]

Ibnu Rusyd berkata :
وأما الجمع في الحضر لعذر المطر فأجازه الشافعي ليلا كان أو نهارا ومنعه مالك في النهار وأجازه في الليل، وأجازه أيضا في الطين دون المطر في الليل، وقد عدل الشافعي مالكا في تفريقه من صلاة النهار في ذلك وصلاة الليل، لأنه روى الحديث وتأوله: أعني خصص عمومه من جهة القياس، وذلك أنه قال في قول ابن عباس "جمع رسول الله صلى الله عليه وسلم بين الظهر والعصر والمغرب والعشاء في غير خوف ولا سفر" أرى ذلك كان في مطر
Menurut Syafi’i orang yang tidak bepergian boleh menjamak shalat kalau ada uzur hujan, baik siang maupun malam.
Menurut Malik, uzur hujan seperti itu hanya untuk malam hari, bukan untuk siang hari. Boleh juga menjamak shalat karena meluapnya Lumpur sehingga sulit melakukan shalat. Syafi’i memberlakukan siang dan malam. Hadits Ibnu Abbas yang berbunyi :
”Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah melakukan shalat dhuhur bersama Ashar atau Maghrib bersama Isya’ tanpa disebabkan rasa takut dan tanpa bepergian” adalah pada saat turun hujan lebat.
[Bidayatul Mujtahid 1/125(1/ 388)]

Imam Asy-Syaukani berkata :
قال المصنف رحمه اللَّه تعالى بعد أن ساق حديث الباب ما لفظه‏:‏ قلت وهذا يدل بفحواه على الجمع للمطر والخوف وللمرض وإنما خولف ظاهر منطوقه في الجمع لغير عذر للإجماع ولأخبار المواقيت فتبقى فحواه على مقتضاه‏.‏وقد صح الحديث في الجمع للمستحاضة والاستحاضة نوع مرض‏.‏
ولمالك في الموطأ عن نافع أن ابن عمر كان إذا جمع الأمراء بين المغرب والعشاء في المطر جمع معهم‏.‏ وللأثرم في سننه عن أبي سلمة ابن عبد الرحمن أنه قال من السنة إذا كان يوم مطير أن يجمع بين المغرب والعشاء اهـ‏.‏

Mushonif Rokhimahullah berkata : “Saya katakana, bahwa konotasinya menunjukkan bolehnya menjamak shalat karena hujan, adanya rasa takut dan sakit. Adapun pengertian kebalikannya adalah menjamak tanpa udzur, ini berdasarkan ijma’ dan riwayat-riwayat tentang waktu-waktu shalat, maka konotasinya tetap seperti apa adanya. Ada hadits sahih yang menyatakan bolehnya menjamak bagi wanita mustahadhah, sedang istihadhah termasuk penyakit.
Malik mengemukakan di dalam Al-Muwatha’ :Dari Nafi’, bahwasanya Ibnu Umar, apabila para pemimpin menjamak Maghrib dengan Isya karena hujan, maka iapun menjamak bersama mereka.
Al-Atsram mengemukakan di dalam Sunannya : Dari Abu Salamah bin Abdurrahman, bahwasanya ia berkata, ”Adalah sunnah bila hari sedang hujan untuk menjamak Maghrib dan Isya”.
[Nailul Authar 3/183(2/ 19)].

Menjamak Disebabkan Adanya Keperluan, Sakit atau Uzur
Sayyid Sabiq berkata :
ذهب الإمام احمد والقاضى حسين والمتولى من الشافعية إلى جواز الجمع تقديما وتأخيرا بعذر المرض لأن المشقة فيه أشد من المطر. قال النووى وهو قوى فى الدليل.
قال ابن تيمية : وأوسع المذاهب فى الجمع مذهب احمد فإنه جوز الجمع إذا كان شغل كما النسائى ذلك مرفوعا إلى النبي صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إلى أن قال : يجوز الجمع أيضا للطباخ والخباز ونحوهما ممن يخشى فساد ماله
Imam Ahmad, Qadhi Husain, Khaththabi, dan Mutawalli dari golongan Syafi’i membolehkan menjamak, baik takdim maupun ta’khir, disebabkan sakit, dengan alasan karena kesukaran di waktu itu lebih bear daripada kesukaran di waktu hujan. Nawawi berkata, “Dari segi alasan, pendapat ini adalah kuat”.
Ibnu Taimiyah mengatakan, ”Mazhab yang paling luas dalam masalah jamak ini ialah mazhab Ahmad sebab ia membolehkan menjamak bagi seseorang yang sedang sibuk bekerja, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Nasa’i dalam sebuah hadits marfu’ bersumber dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam, sampai-sampai dibolehkan pula menjamak bagi juru masak atau pembuat roti dan orang-orang yang takut hartanya menjadi rusak”
[Fiqih Sunnah 1/209 (1/ 440)]

Selanjutnya Sayyid Sabiq berkata : Dalam Syarah Muslim, Nawawi mengatakan,
ذهب جماعة من الإئمة إلى جواز الجمع فى الحضر للحاجة لمن يتخذه عادة. وهو قول ابن سيرين وأشهب من أصحاب مالك وحكاه الخطابى عن القفال والشاشى الكبير من أصحاب الحديث واختاره ابن المنذر.
عن ابن عباس قال : جمع رسول الله صلى الله عليه وسلم بين الظهر والعصر والمغرب والعشاء بالمدينة في غير خوف ولا مطر, قيل لابن عباس : ماذا أراد بذالك؟ قال : أراد ألايحرج أمته.
وروى البخارى ومسلم عنه أن النبي صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صلى بالمدينة سبعا وثمانيا : الظهر والعصر والمغرب والعشاء.
وعند مسلم عن عبد الله بن شقيق قال : خطبنا ابنُ عباسٍ يوما بعد العصرِ حتى غَرَبَتِ الشمسُ وَبَدَتِ النجومُ. وجعل الناسُ يقولون: الصلاةُ. الصلاةُ. قال فجاءه رجلٌ من بني تَمِيْمٍ، لا يَفْتُرْ ولا يَنْثَنِيْ: الصلاةُ. الصلاةُ. فقال ابنُ عباسٍ: أَتُعَلِّمُنِيْ بالسُّنَّةِ؟ لا أُمَّ لك! ثم قال: رأيتُ رسولَ الله صلى الله عليه وسلم جمع بين الظهرِ والعصرِ، والمغربِ والعشاءِ.
قال عبدُاللهِ بنُ شقيقٍ: فَحَاكَ في صدري من ذلك شيءٌ. فَأَتَيْتُ أبا هريرةَ، فَسَأَلْتُهُ، فَصَدَّقَ مَقَالَتَهُ.
”Beberapa imam membolehkan jamak kepada orang yang tidak musafir apabila ia ada suatu kepentingan, dengan syarat hal itu tidak dijadikannya kebiasaan”. Ini juga merupakan pendapat Ibnu Sirin dan Asyhab dari golongan Maliki.
Dari Ibnu Abbas, dia berkata,
”Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah melakukan shalat dhuhur bersama Ashar atau Maghrib bersama Isya’ di Madinah, tanpa disebabkan rasa takut dan hujan” Ada seseorang yang bertanya kepada Ibnu Abbas, ”Mengapa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam berbuat demikian?” Jawabnya, ”Maksudnya ialah agar beliau tidak memberatkan umatnya,” (HR. Muslim, Abu Dawud dan Rirmidzi)
Bukhari dan Muslim meriwayatkan pula Dari Ibnu Abbas,
”Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam mengerjakan shalat di Madinah sebanyak tujuh kali dan delapan kali yakni masing-masing menjamak Dzuhur dan Ashar serta Maghrib dan Isya’”
Sementara itu Muslim meriwayatkan pula dari Abdullah bin Syaqiq,
Pada suatu hari, yakni sesudah shalat ashar, Ibnu Abbas menyampaikan pidato kepada kami sampai matahari terbenam dan bintang-bintangpun mulai tampak. Kaum muslimin berteriak, "Shalat, shalat" Kemudian ada seorang dari Bani Tamim berdiri dan tidak henti-hentinya mengatakan, "Shalat, shalat!" Ibnu Abbas berkata, "Sialan kamu! Apakah kamu hendak mengajarkan sunnah Nabi kepadaku? Aku mengetahui sendiri bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam menjamak shalat zhuhur dan ashar serta maghrib dan isya" Selanjutnya kata Abdullah bin Syaqiq, "Keterangan Ibnu Abba situ masih tergores di dalam hatiku. Karena itu aku mendatangi Abu Hurairah untuk bertanya kepadanya. Abu Hurairahpun membenarkan keterangan Ibnu Abbas itu" (HR.Muslim 705)
[Fiqih Sunnah 1/209(1/ 441)]

Ibnu Rusyd berkata :
وأما الجمع في الحضر للمريض فإن مالكا أباحه له إذا خاف أن يغمى عليه أو كان به بطن ومنع ذلك الشافعي.
والسبب في اختلافهم هو اختلافهم في تعدي علة الجمع في السفر: أعني المشقة، فمن طرد العلة رأى أن هذا من باب الأولى والأحرى، وذلك أن المشقة على المريض في إفراد الصلوات أشد منها على المسافر، ومن لم يعد هذه العلة وجعلها كما يقولون قاصرة: أي خاصة بذلك الحكم دون غيره لم يجز ذلك
Orang sakit yang tidak bepergian apakah diperbolehkan menjamak shalat?
Menurut Malik, boleh kalau khawatir akan pingsan atau sakit perut. Menurut Syafi’i tidak boleh.
Perbedaan pendapat tersebut bersumber dari pemahaman yang berbeda.
Malik menganggap musafir boleh menjamak shalat karena beratnya menjalankan shalat tanpa jamak, padahal orang sakit lebih berat daripada musafir.
Syafi’i menganggap bahwa penyebab diperbolehkannya jamak adalah sama dengan masalah qashar, yaitu karena bepergian, bukan Karena yang yang lain.
[Bidayatul Mujtahid 1/125(1/ 390)]

Zainudin bin Abdul Aziz Al-Malibari Al-Fanani dalam kitab Fathul Mu’in berkata :
يجوز الجمع بالمرض تقديما وتأخيرا - على المختار
Diperbolehkan mengerjakan salat jamak karena sakit, baik jamak takdim maupun ta-khir menurut kaul yang dipilih. (Sebagaimana dinyatakan dalam hadits sahih, bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam pernah menjamak salatnya tanpa dipengaruhi rasa takut dan hujan).
[Fat-hul Mu’in 2/20(1/ 481)]

Menjamak Shalat Tanpa Udzur
Ibnu Rusyd berkata :
وأما الجمع في الحضر لغير عذر، فإن مالكا وأكثر الفقهاء لا يجيزونه. وأجاز ذلك جماعة من أهل الظاهر وأشهب من أصحاب مالك.
وسبب اختلافهم اختلافهم في مفهوم حديث ابن عباس، فمنهم من تأوله على أنه كان في مطر كما قال مالك. ومنهم من أخذ بعمومه مطلقا. وقد خرج مسلم زيادة في حديثه،
Malik dan mayoritas ahli fiqih tidak memperbolehkan. Sebagian pengikut Zhahiri dan Ash-hab (pengikut Malik) memperbolehkan.
Mereka berbeda pendapat karena perbedaan pemahaman terhadap hadits Ibnu Abbas.
Malik mentakwilkan hadits tersebut karena dalam kondisi hujan.
Mazhab Zhahiri memahami hadits tersebut secara mutlak dengan berdasar versi lain yang diriwayatkan oleh Muslim
Dari Ibnu Abbas berkata,
انَ رَسُوْلُ الله صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جَمَعَ بَيْنَ الظهْر وَالعَصْر وَبَيْنَ المَغْرب وَالعِشاءِ بالمَدِيْنةِ، مِن غيْر خوْفٍ وَلا مَطر
"Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam pernah melakukan shalat Zhuhur bersama ashar atau shalat maghrib bersama isya' tanpa disebabkan rasa takut dan tanpa bepergian" (Shahih Muslim No.1146, Abu Dawud, dan Tirmidzi)
[Bidayatul Mujtahid 1/123 (1/ 384)]

Dalam Fiqih Sunnah, dari Ibnu Abbas r.a., ia berkata,
جمع رسولُ الله صلى الله عليه وسلم بين الظهر والعصر والمغرب والعشاء بالمدينة في غير خوف ولا مَطَرِ, قيل لابنِ عباسٍ : ماذا أراد بذالك؟ قال : أراد أَلَّايَحْرِجَ أمتهُ
"Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam pernah menjamak shalat zhuhur dan ashar serta maghrib dan isya di Madinah, bukan karena dalam ketakutan atau hujan" Ada seorang bertanya kepada Ibnu Abbas, "Mengapa Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam berbuat demikian?" Ibnu Abbas menjawab, "Maksudnya ialah agar beliau tidak menyukarkan umatnya," (HR.Muslim)
[Fiqih Sunnah 1/209(1/ 441)]

Imam Nawawi dalam kitab Raudhatuth Thalibin berkata :
قلت القول بجواز الجمع بالمرض ظاهر مختار فقد ثبت في صحيح مسلم أن النبي صلى الله عليه وسلم جمع بالمدينة من غير خوف ولا مطر
وقد حكى الخطابي عن القفا الكبير الشاشي عن أبي إسحق المروزي جواز الجمع في الحضر للحاجة من غير اشتراط الخوف والمطر والمرض وبه قال ابن المنذر من أصحابنا. والله أعلم
Pendapat yang memperbolehkan jamak dikarenakan sakit adalah pendapat zhahir dan yang dipilih. Hal ini sebagaimana dinyatakan dalam Shahih Muslim : “Bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam pernah melakukan shalat dhuhur bersama Ashar atau Maghrib bersama Isya’ di Madinah, tanpa disebabkan rasa takut dan hujan” (HR. Muslim 706)
Al-Khaththabi meriwayatkan dari Al-Qaffal Al-Kabir Asy-Sysyi, dari Abu Ishaq Al-Marwasi, bahwa diperbolehkan menjamak oleh sebab kebutuhan tanpa syarat ketakutan, hujan dan sakit. Demikian dikatakan Ibnu Mundzir dari para sahabat kami. Wallahu a’lam.
[Raudhatuth Thalibin 2/16(1/ 780)].

Syarat-syarat Menjamak Shalat
Menurut Zainudin Al-Malibari Syarat-syarat Jamak Takdim adalah sebagai berikut :
ولجمع تقديم، نية جمع في الاولى - ولو مع التحلل منها - وترتيب، وولاء عرفا، فلا يضر فصل يسير بأن كان دون قدر ركعتين، ولتأخير نية جمع في وقت الاولى ما بقي قدر ركعة، وبقاء سفر إلى آخر الثانية
1. Niat salat jamak pada salat pertama, walaupun bersamaan dengan salam.
2. Tertib (antara salat pertama dan salat kedua)
3. Terus menerus menurut adat. Dibolehkan terhalang sesaat asal kurang dari seukuran salat dua rekaat.
Sedang syarat jamak takhir sebagai berikut :
1. Niat menjamak pada waktu pertama sampai batas waktu sisa seukuran satu rekaat.
2. Masih dalam perjalanan sampai akhir salat kedua.
[Fat-hul Mu’in 2/20(1/ 480)]

Imam Nawawi dalam kitab Raudhatuth Thalibin berkata :
إذا جمع الظهر والعصر صلى سنة الظهر ثم سنة العصر وفي جمع العشاء والمغرب يصلي الفريضتين ثم سنة المغرب ثم سنة العشاء ثم الوتر
قلت هذا الذي قاله الإمام الرافعي في المغرب والعشاء صحيح وأما في الظهر والعصر فشاذ
ضعيف والصواب الذي قاله المحققون أنه يصلي سنة الظهر التي قبلها ثم يصلي الظهر ثم
العصر ثم سنة الظهر التي بعدها ثم سنة العصر
وكيف يصح سنة الظهر التي بعدها قبل فعلها وقد تقدم أن وقتها يدخل بفعل الظهر وكذا
سنة العصر لا يدخل وقتها إلا بدخول وقت العصر ولا يدخل وقت العصر المجموعة إلى
الظهر إلا بفعل الظهر الصحيحة. والله أعلم
Apabila menjamak Dzuhur dan Ashar, kemudian ingin melakssanakan shalat sunnah, maka dia hendaknya melaksanakan shalat sunnah Dzuhur, kemudian shalat sunnah Ashar; setelah itu barulah dia melaksanakan shalat dua yang wajib tersebut. Sedangkan dalam shalat jamak Isya’ dan Maghrib, apabila dia ingin melaksanakan shalat sunnah, hendaknya dia melaksanakan dua shalat yang wajib itu kemudian barulah melaksanakan shalat sunnah maghrib dan shalat sunnah Isya, kemudian shalat witir.
Saya katakana , “Ini yang dikatakan Imam Ar-Rafi’i tentang shalat maghrib dan Isya’, dan ini benar. Sedangkan tentang shalat Dhuhur dan Ashar, maka pendapatnya aneh dan lemah. Adapun yang benar sebagaimana fiqih yaitu bahwa dia melaksanakan shalat sunnah qabliyah Dhuhur, lalu shalat Dhuhur dan Ashar, kemudian shalat ba’diyah Dhuhur dan shalat sunnah (qbliyah) Ashar.
Bagaimana dibenarkan sunnah ba’diyah Dhuhur sebelum melaksanakan shalat Dhuhur itu sendiri? Padahal sebelumnya telah dijelaskan bahwa waktunya masuk dengan dilaksanakannya shalat Dhuhur. Demikian juga dengan shalat sunnah Ashar, dan waktu Ashar yang dijamak tidak masuk ke waktu Dhuhur kecuali dengan dilaksanakannya shalat Dhuhur yang benar. Wallahu a’lam.
[Raudhatuth Thalibin 2/16(1/ 781)].

Niat Shalat Jamak
Sayyid Sabiq berkata :
ولا تشترط النية فى الجمع والقصر, قال ابن تيمية : وهو قول الجمهور من العلماء وقال : والتبي صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّم لما كان يصلى بأصحابه جميعًا وقصرالم يكن يأمر أحدا منهم بنية الجمع والقصر
Menurut Jumhur ulama niat tidak menjadi syarat dalam menjamak atau mengqasar. Ibnu Taimiyah berkata, "Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam ketika mengerjakan shalat jamak dan qasar tidak memerintahkan kepada sahabat-sahabatnya supaya berniat jamak atau qasar"
[Fiqih Sunnah 1/208(1/ 439)]

Shalat yang dijamak tidak harus berturut-turut
Sayyid Sabiq berkata : Ibnu Taimiyah berkata,
والصحيح أنه لا تشترط بحال, لا وقت الأولى ولا فى وقت الثانية, فإنه ليس لذلك حد فى الشرع ولأن مراعاة ذلك يسقط مقصود الرخصة. وقال الشافعى : لو صلى المغرب فى بيته بنية الجمع ثم أتى المسجد فصلى العشاء جاز, وروى مثل ذلك عن أحمد
"Yang benar, ialah ini tidak menjadi syarat, baik diwaktu yang pertama maupun yang kedua, sebab hal itu tidak ada ketentuannya dari syara'"
Syafi'I mengatakan, "Jika seorang mengerjakan shalat maghrib di rumahnya dengan niat menjamak kemudian ia pergi ke masjid melakukan shalat isya, itu juga dibolehkan" Imam Ahmad juga berpendapat seperti itu.
[Fiqih Sunnah 1/208(1/ 439)]

Menjamak Shalat Dengan Satu Adzan dan Dua Iqamat.
Dari Ibnu Umar r.a., dia berkata,
انَ النبي صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صلى الصَّلا تيْن بعَرَفة بأذان وَاحِدٍ وَاِقامَتيْن، وَاتىَ المُزدَالِفة فصَلىَّ بهَا المَغرب وَالعِشاءَ بأذن وَاحِدٍ وَاِقامَتيْن وَلمْ يُسَبّحْ بَيْنهُمَا، ثمَّ اضْطَجَعَ حَتى طلعَ الفجْرُ
Bahwa sesungguhnya Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam pernah shalat maghrib dan isya' di Mudzalifah dengan dijama', masing-masing shalat dengan satu iqamat dan tidak shalat sunnat diantara keduanya, dan tidak ada (bacaan) sesudah selesai masing-masing dari keduanya, kemudian tidur sampai terbit fajar. (HR.Bukhari dan An-Nasa')
[Nailul Author 3/183 (2/20)]

Dari Usamah, dia berkata,
‏‏أن النبيَّ صلى اللَّه عليه وسلم لَمَّا جَاءَ الْمُزْدَلِفَةَ نَزَلَ فَتَوَضَّأَ فَأَسْبَغَ الْوُضُوْءَ ثُمَّ أُقِيْمَتِ الصلاةُ فصلَّى المغربَ ثم أَنَاخَ كُلُّ إِنْسَانٍ بَعِيْرَهُ في مَنْزِلِهِ ثم أُقِيْمَتِ العشاءُ فصلَّاهَا ولم يُصَلِّ بَيْنَهُمَا شيئًا‏‏
Bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam ketika dating di Mudzalifah ia berhenti lalu wudhu kemudian menyempurnakan wudhunya, lalu diiqomatilah shalat kemudian shalat maghrib, lalu masing-masing orang menderumkan ontanya di tempatnya, kemudian diiqomati lalu shalat isya', dan ia tidak shalat apapun diantara keduanya. (HR.Ahmad, Bukhari, Muslim)
[Nailul Author 3/183 (2/20)]

Kedua hadits di atas menjelaskan bahwa :
-Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam menjamak shalat dengan satu adzan dan dua iqamat.
-Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam pernah menjamak dua shalat tanpa diselingi kegiatan apapun (Langsung), dan pernah juga menjama' dua shalat diselingi satu kegiatan (menderumkan unta).

Kesimpulan
1. Para ulama sependapat bahwa sunnah menjamak shalat dhuhur dan ashar dengan cara takdim pada waktu zhuhur di Arafah, begitu juga antara shalat maghrib dan isya dengan cara ta'khir di waktu isya di Muzdalifah.
2. Mayoritas Ulama membolehkan menjamak shalat karena alasan hujan ,sakit, atau karena ada keperluan.
3. Sebagian Ulama membolehkan menjamak shalat tanpa ada alasan hujan ,sakit, atau karena ada keperluan, asalkan tidak menjadi kebiasaan. Sebagian Ulama tidak memperbolehkan.
4. Mayoritas Ulama berpendapat bahwa menjamak shalat tidak harus berturut-turut.


Sumber rujukan :
-Ibnu Rusyd, Bidayatul Mujtahid, Pustaka Amani, Jakarta, 2002
-Imam Bukhari, Sahih Bukhari, Darul Fikri, Beirut, 2006.
-Imam Muslim, Sahih Muslim, Darul Ilmi, Surabaya
-Sayyid Sabiq, Fiqih Sunnah, Pena Pundi Aksara, Jakarta, 2006
-Imam Asy-Syaukani, Nailul Author, As-Syufa, Semarang, 1994.
-Ibnu Hajar Al-Asqalani, Bulughul Maram, Mutiara Ilmu, Surabaya, 1995.
-Zainuddin bin Abdul Aziz al-Maliabari al-Fanani , Fat-hul Mu’in, Sinar Baru Algensindo, Bandung, 2006
-Imam Nawawi, Raudhatuth Thalibin, Pustaka Azzam, Jakarta, 2007.

*Slawi, Februari 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

YANG BERHAK MENERIMA ZAKAT FITRAH

  YANG BERHAK MENERIMA ZAKAT FITRAH Oleh : Masnun Tholab   Hukum Zakat Fitrah Sayyid Sabbiq dalam kitab Fiqih Sunnah mengatakan bahw...