Senin, 21 Februari 2011

SHALAT JAMAK DALAM BEPERGIAN

SHALAT JAMAK DALAM BEPERGIAN
Oleh : Masnun Tholab
www.masnuntholab.blogspot.com


Segala puji bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam.
Shalawat dan salam semoga senantiasa Allah limpahkan kepada Nabi Muhammad Shallallaahu ’alaihi wasallam beserta keluarga dan para sahabatnya.

Pengertian Shalat Jamak
Shalat Jamak yaitu shalat yang dilaksanakan dengan mengumpulkan dua shalat fardhu dalam satu waktu, baik dikerjakan pada waktu shalat pertama maupun pada shalat kedua. Shalat yang bisa dijamak hanyalah shalat dhuhur dengan shalat ashar dan shalat maghrib dengan shalat isya’. Adapun shalat shubuh tidak dapat dijamak dengan shalat fardhu manapun.
Shalat jamak ada dua macam, yakni jamak takdim dan jamak takhir. Shalat jamak takdim adalah shalat zhuhur dan ashar dikerjakan pada waktu zhuhur atau maghrib dan isya dikerjakan pada waktu maghrib. Adapun shalat jamak takhir yaitu shalat zhuhur dan ashar dikerjakan pada waktu ashar atau shalat maghrib dan isya dikerjakan pada waktu isya.
[Ensiklpodi Islam 4, hal. 229]

Menjamak di Dalam Bepergian
Sayyid Sabiq dalam kitab Fiqih Sunnah berkata :
Menjamak dua shalat ketika bepergian pada salah satu waktu dari kedua shalat itu, menurut sebagian besar ulama, adalah diperbolehkan tanpa ada perbedaan apakah dilakukan pada saat berhenti ataukah masih dalam perjalanan.
Dari Ibnu Abbas r.a., dia berkata, "Maukah aku ceritakan tentang tata cara shalat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam sewaktu sedang dalam perjalanan?" Kami menjawab, "Baik". Ia berkata,
عن النبي صلى اللَّه عليه وسلم كان في السفر إذا زاغت الشمس في منزله جمع بين الظهر والعصر قبل أن يركب فإذا لم تزغ له في منزله سار حتى إذا حانت العصر نزل فجمع بين الظهر والعصر وإذا حانت له المغرب في منزله جمع بينها وبين العشاء وإذا لم تحن في منزله ركب حتى إذا كانت العشاء نزل فجمع بينهما
"Jika Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam masih berada dalam rumahnya dan matahari telah tergelincir, beliau menjamak shalat zhuhur dengan ashar sebelum berangkat. Akan tetapi, jika matahari belum tergelincir, beliau berjalan hingga apabila waktu ashar sudah tiba waktunya, beliaupun berhenti dan menjamak shalat zhuhur dengan shalat ashar. Begitu juga jika beliau masih berada di rumahnya dan matahari sudah terbenam, beliau menjamak shalat maghrib dengan shalat isya. Akan tetapi jika waktu maghrib belum tiba, beliau terus berangkat dan apabila waktu shalat isya telah tiba, beliaupun berhenti untuk menjamak shalat maghrib dengan shalat isya itu" (HR.Ahmad dan Syafi'i)
[Fiqih Sunnah 1, hal. 438 ; Nailul Author 3/180 (2/ 16)]

Dalam kitab Al-Muwatha’, Malik meriwayatkan dari Muadz,
‏‏أن النبي صلى اللَّه عليه وسلم أخر الصلاة في غزوة تبوك خرج فصلى الظهر والعصر جميعًا ثم دخل ثم خرج فصلى المغرب والعشاء جميعًا‏
“bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam mengakhirkan shalat ketika perang Tabuk ketika beliau keluar lalu melaksanakan shalat Dzhuhur dan Ashar secara jamak, kemudian beliau masuk lagi dan keluar lagi lalu shalat Maghrin dan Isya’ secara jamak”


Syafi’i mengatakan, “Kata-kata ‘pergi’ dan ‘masuk’ itu menunjukkan bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam sedang berhenti”. Sesudah menyebutkan hadits ini Ibnu Qudamah dalam kitab Al-Mughni berkata, “Menurut Ibnu Abdil Barr, hadits ini adalah sahih dan kuat sanadnya, sedangkan menurut ahli sejarah, Perang Tabuk itu terjadi pada tahun kesembilan Hijriah. Dalam hadits ini terdapat satu keterangan yang tegas dan alasan yang kuat untuk menolak pendapat bahwa menjamak dua shalat itu tidak boleh kecuali bila betul-betul sedang dalam perjalanan. Bukankah Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam menjamak di waktu beliau sedang berhenti, bukan sedang berjalan, bahkan menetap pula dalam perkemahan. Beliau keluar dari tempatnya itu untuk mengerjakan shalat secara jamak kemudian kembali masuk ke perkemahannya.
[Fiqih Sunnah 1/208 (1/ 439)]

Anas Radliyallaahu 'anhu berkata:
"كانَ رسُولُ الله صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّم إذا ارْتَحَل قَبْلَ أَنْ تَزيغَ الشّمسُ أَخّرَ الظُّهرَ إلى وَقْتِ الْعَصْرِ ثُمَّ نَزَلَ فَجَمَعَ بَيْنَهُما، فإنْ زَاغَتْ الشّمْسُ قَبْلَ أنْ يَرْتَحِلَ صلى الظهْرَ ثُمَّ رَكبَ" مُتّفَقٌ عَلَيه، وفي رواية الحاكم في الأرْبعينَ بإسْنادِ الصَّحْيح: "صلى الظُّهْر والعَصْرَ ثمَّ رَكِبَ" وَلأبي نُعيم في مُسْتَخْرَجِ مُسلمٍ "كانَ إذَا كانَ في سفَرٍ فَزَالَت الشّمْسُ صلى الظهْرَ والْعَصْرَ جميعاً ثمَّ ارتَحَلَ".
Biasanya Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bila berangkat dalam bepergian sebelum matahari tergelincir, beliau mengakhirkan sholat Dhuhur hingga waktu Ashar. Kemudian beliau turun dan menjamak kedua sholat itu. Bila matahari telah tergelincir sebelum beliau pergi, beliau sholat Dhuhur dahulu kemudian naik kendaraan. Muttafaq Alaihi. Dalam suatu hadits riwayat Hakim dalam kitab al-Arba'in dengan sanad shahih: Beliau sholat Dhuhur dan Ashar kemudian naik kendaraan. Dalam riwayat Abu Nu'aim dalam kitab Mustakhroj Muslim: Bila beliau dalam perjalanan dan matahari telah tergelincir, beliau sholat Dhuhur dan Ashar dengan jamak, kemudian berangkat. . (Shahih Muslim No.1143)
[Bidayatul Mujtahid 1, hal. 383.; Bulughul Maram 1, 186.]

Dari Ibnu Umar, dia berkata,
“Saya pernah melihat Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam apabila tergesa-gesa dalam bepergian, beliau menunda shalat Maghrib hingga menjamaknya dengan shalat isya’” (HR. Malik dan Nasa’i)

Ibnu Rusyd dalam kitab Bidayatul Mujtahid berkata :
فذهب القائلون بجواز الجمع في تأويل هذه الأحاديث إلى أنه أخر الظهر إلى وقت العصر المختص بها وجمع بينهما. وذهب الكوفيون إلى أنه إنما أوقع صلاة الظهر في آخر وقتها وصلاة العصر في أول وقتها
Hadits diatas dijadikan dasar bolehnya menjamak shalat dengan syarat-syarat tertentu.
Ulama Kufah menganggap hadits-gadits di atas tidak mengandung hukum bolehnya menjamak shalat, karena yang dilakukan Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bukanlah menjamak, melainkan melakukan shalat Dzuhur di ahir waktu Dzuhur lalu disambung shalat Asar di awal waktu Asar, sehingga terlihat seolah-olah menjamak.
[Bidayatul Mujtahid 1, , hal. 384]

Imam Ash-Shan’ani dalam kitab Subulussalam berkata :
الحديث فيه دليل على جواز الجمع بين الصلاتين للمسافر تأخيراً، ودلالة على أنه لا يجمع بينهما تقديماً، لقوله "صلى الظهر" إذ لو جاز مع التقديم لضم إليه العصر، وهذا الفعل منه صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّم يخصص أحاديث التوقيت التي مضت.
وقد اختلف العلماء في ذلك، فذهب الهادوية وهو قول ابن عباس وابن عمر وجماعة من الصحابة، وروي عن مالك وأحمد والشافعي إلى جواز الجمع للمسافر تقديماً وتأخيراً عملاً بهذا الحديث في التأخير وبما يأتي في التقديم.
وعن الأوزاعي أنه يجوز للمسافر جمع التأخير فقط عملاً بهذا الحديث، وهو مروي عن مالك وأحمد بن حنبل واختاره أبو محمد بن حزم.
وذهب النخعي والحسن وأبو حنيفة إلى أنه لا يجوز الجمع لا تقديماً ولا تأخيراً للمسافر وتأولوا ما ورد من جمعه صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّم بأنه جمع صوري وهو أنه أخر الظهر إلى آخر وقتها وقدم العصر في أول وقتها ومثله العشاء
Hadits ini merupakan dalil bolehnya menjamak ta’khir bagi orang yang musafir dan dalil sesungguhnya tidak boleh menjamak takdim antara keduanya karena sabda beliau, “Shalat Dzuhur”. Jika boleh jamak taqdim, beliau tentu menggabungkan kepadanya shalat Ashar. Inilah perbuatan dari beliau yang mengkhususkan hadits-hadits tentang waktu shalat sebagaimana yang telah lalu. Dalam hal ini ulama berbeda pendapat.
Al-Hadawiyah berpendapat, yang ini juga merupakan ucapan Ibnu Abbas, Ibnu Umar dan sekelompok dari shahabat, diriwayatkan juga dari Malik, Ahmad dan Asy-Syafi’I, “Boleh menjamak bagi seseorang yang musafir baik secara takdim maupun secara ta’khir berdasarkan hadits menjelaskan tentang ta’khir dan berdasarkan riwayat yang akan dijelaskan kemudian dalam masalah taqdim.
Dari Al-Auza’i, “Sesungguhnya boleh bagi orang yang mussafir untuk jamak ta’khir saja berdasarkan hadits ini”. Ini juga diriwayatkan dari Malik, Ahmad bin Hanbal dan dipilih oleh Muhammad Ibnu Hazm.
An-Nakhai, Al-Hasan, Abu Hanifah berpendapat bolehnya menjamak taqdim tapi tidak ta’khir bagi musafir. Mereka mentakwili hadits yang menjelaskan jamaknya Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bahwa yang dimaksud adalah jamak shuri (jamak dalam bentuknya saja) yaitu beliau mengakhirkan shalat Dhuhur sampai akhir waktunya dan mengawalkan Ashar pada waktunya. Demikian juga shalat Isya.
[Subulussalam 1, 114, hal. 680]

Muadz Radliyallaahu 'anhu berkata:
"خَرَجْنَا معَ رسول الله صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّم في غَزْوَة تَبوكَ فكان يُصَلي الظُّهْرَ والعصرَ جميعاً والمغْربَ وَالعِشَاءَ جميعاً" رَوَاهُ مُسْلمٌ
Kami pernah pergi bersama Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam dalam perang Tabuk. Beliau Sholat Dhuhur dan Ashar dengan jamak serta Maghrib dan Isya' dengan jamak. Riwayat Muslim.
Imam Ash-Shan’ani dalam kitab Subulussalam berkata :
ثم إنه قد اختلف في الأفضل للمسافر هل الجمع أو التوقيت فقالت الشافعية: ترك الجمع أفضل. وقال مالك: إنه مكروه، وقيل: يختص بمن له عذر.
واعلم أنه كما قال ابن القيم في الهدي النبوي: لم يكن صلى الله تعالى عليه وآله وسلم يجمع راتباً في سفره كما يفعله كثير من الناس، ولا يجمع حال نزوله أيضاً، وإنما كان يجمع إذا جدّ به السير، وإذا سار عقيب الصلاة كما في أحاديث تبوك، وأما جمعه وهو نازل غير مسافر فلم ينقل ذلك عنه إلا بعرفة ومزدلفة
Kemudian sesungguhnya telah terjadi perbedaan pendapat dalam keutamaan bagi orang yang musafir apakah menjamak atau mengerjakan sesuai waktu? As-Syafiiyah berpendapat, “Meninggalkan jamak lebih utama, sedang Malik mengatakan hal itu makruh”. Dikatakan jamak dikhuuskan bagi orang yang berhalangan.
Ketahuilah, sebagaimana yang dikatakan oleh Ibnul Qayyim di dalam Al-Hadyu An-Nabawi, “Sesungguhnya Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam tidak mengumpulkan shalat rawatib di dalam perjalanannya sebagaimana yang telah dilakukan oleh kebanyakan orang. Dan tidak pula menjamak ketika beliau turun dari perjalanan. Tetapi beliau menjamak ketika perjalanan sangat melelahkan atau jika beliau bepergian setelah shalat seperti dalam hadits Tabuk. Adapun beliau menjamak ketika tidak dalam perjalanan, tidak ada riwayat yang dinukil tentang itu kecuali ketika beliau di Arafah dan di Mudzalifah”
[Subulussalam 1, 114, hal. 683]

Dari Muadz, ia berkata :
ان النبيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كان فى غزوة تبوك اذا زاغت الشمس قبل ان يرتحل جمع بين الظهر والعصر، واذا ارتحل قبل ان تزيغ الشمس اخر الظهر حتى ينزل للعصر، وفى المغرب مثل ذلك، ان غابت الشمس قبل ان يرتحل جمع بين المغرب والعشاء، وان ارتحل قبل ان تغيب الشمس اخر المغرب حتى ينزل للعشاء ثم نزل فجمع بينهما
Pada saat Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam dalam perang Tabuk, beliau selalu menjamak shalat zhuhur dengan ashar jika keberangkatannya sesudah tergelincir matahari (masuk waktu zhuhur). Akan tetapi apabila beliau berangkat sebelum matahari terelincir (belum masuk waktu zhuhur), shalat zhuhur diundurkan dan dirangkap dengan shalat ashar. Begitu pula dalam shalat maghrib, yaitu jika beliau berangkat sesudah matahari tenggelam (masuk waktu maghrib) beliau menjamak shalat maghrib dengan isya. Akan tetapi kalau keberangkatannya sebelum matahri terbenam (belum masuk waktu maghrib), beliau mengundurkan maghrib itu sampai waktu isya dan dijamak dengan shalat isya. (HR.Abu Dawud dan Tirmidzi)
[Fiqih Sunnah 1, hal. 438 ; Bulughul Maram 1, 187]

Ibnu Rusyd berkata :
وهذا الحديث لو صح لكان أظهر من تلك الأحاديث في إجازة الجمع لأن ظاهره أنه قدم العشاء إلى وقت المغرب، وإن كان لهم أن يقولوا إنه أخر المغرب إلى آخر وقتها وصلى العشاء في أول وقتها لأنه ليس في الحديث أمر مقطوع به على ذلك، بل لفظ الراوي محتمل
Jika hadits Muadz ini sahih, tentu lebih jelas dari hadits-hadits sebelumnya sebagai dasar bolehnya menjamak dengan syarat yang ditentukan, karena tampaknya shalat isya’ diajukan ke waktu Maghrib. Namun hadits ini juga bisa ditakwilkan tidak mengandung hokum menjamak shalat, melainkan tentang mengahirkan shalat dzuhur di akhir waktu dzuhur lalu menjalankan shalat Ashra di awl waktu Ashar, begitu juga Maghrib di akhir waktu Maghrib, lalu Isya’ di awal waktu Isya’, karena dalam hadits tersebut tidak disebutkan dengan pasti dan tegas dua shalat dikerjakan dalam satu waktu. Sedangkan bunyi hadits seperti itu adalah pemahaman perawi terhadap perbuatan Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam.
[Bidayatul Mujtahid 1, hal. 386]

Imam Asy-Syaukani dalam kitab Nailul Authar berkata :
في حديث معاذ بن جبل في الموطأ بلفظ‏:‏ ‏(‏أن النبي صلى اللَّه عليه وسلم أخر الصلاة في غزوة تبوك خرج فصلى الظهر والعصر جميعًا ثم دخل ثم خرج فصلى المغرب والعشاء جميعًا‏
وقال ابن عبد البر‏:‏ هذا أوضح دليل في الرد على من قال لا يجمع إلا من جد به السير وهو قاطع للالتباس‏.‏
قال الحافظ‏:‏ ولا شك في بعده وكأنه صلى اللَّه عليه وسلم فعل ذلك لبيان الجواز وكان أكثر عادته ما دل عليه حديث أنس
Disebutkan di dalam hadits Muadz bin Jabal yang tercantum di dalam Al-Muwatha’, bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam mengakhirkan shalat ketika perang Tabuk ketika beliau keluar lalu melaksanakan shalat Dzhuhur dan Ashar secara jamak, kemudian beliau masuk lagi dan keluar lagi lalu shalat Maghrin dan Isya’ secara jamak.
Ibnu Abdil Bar mengatakan, “Ini dalil yang paling jelas untuk membantah pendapat orang yang menyatakan bahwa tidak boleh menjamak shalat kecuali bila tergesa-gesa berangkat, karena hadits ini memastikan yang samara,”
Al-Hafidz mengatakan, “Seolah-olah Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam melakukan itu untuk menjelaskan bahwa hal itu boleh, adapun yang lebih banyak menunjukkan kebiasaan beliau adalah yang ditunjukkan oleh hadits Anas”
[Nailul Authar 3/180 (2/18)].

Cara Menjamak Shalat Dalam Perjalanan
Ibnu Rusyd berkata :
فمنهم من رأى الاختيار أن تؤخر الصلاة الأولى وتصلى مع الثانية وإن جمعتا معا في أول وقت الأولى جاز، وهي إحدى الروايتين عن مالك، ومنهم من سوى بين الأمرين: أعني أن يقدم الآخرة إلى وقت الأولى أو يعكس الأمر وهو مذهب الشافعي وهي رواية أهل المدينة عن مالك، والأولى رواية ابن القاسم عنه
Riwayat Ibnu Qasim dari Malik bahwa shalat yang pertama dilakukan pada waktu shalat yang berikutnya (jamak ta’khir) adalah lebih baik dari pada jamak taqdim, namun jamak taqdim juga boleh.
Riwayat ulama Madinah dari Malik bahwa sama saja antara jamak takdim dengan jamak ta’khir, tidak ada mana yang lebih baik salah satunya. Inilah madzhab Syafi’i.
Malik cenderung kepada pendapat yang pertama dengan alasan haditsnya sahih dari Anas, sedangkan Syafi’i cenderung kepada pendapat yang kedua karena dua versi jamak tersebut sama-sama menjamak shalat wajib, maka nilainya sama, dan kalau hadits Muadz di atas lebih sahih boleh juga diamalkan sama halnya dengan hadits Anas, walaupun keadilan para perawinya tidak sama.
[Bidayatul Mujtahid 1, hal. 386]

Selanjutnya Ibnu Rusyd berkata :
فمنهم من قال: هو سفر القربة كالحج والغزو، وهو ظاهر رواية ابن القاسم. ومنهم من قال: هو السفر المباح دون سفر المعصية، وهو قول الشافعي وظاهر رواية المدنيين عن مالك
Menurut riwayat Ibnu Qasim, secara lahir, musafir yang boleh menjamak shalat adalah yang bepergian untuk taqarrub kepada Allah, seperti haji dan berperang membela agama Allah.
Pendapat Syafi’i dan riwayat Ulama Madinah dari Malik bahwa bepergian itu bersifat mubah, tidak untuk maksiat.
[Bidayatul Mujtahid 1, hal. 123/387]

Syarat-syarat Menjamak Shalat
Menurut Zainudin Al-Malibari Syarat-syarat Jamak Takdim adalah sebagai berikut :
1. Niat salat jamak pada salat pertama, walaupun bersamaan dengan salam.
2. Tertib (antara salat pertama dan salat kedua)
3. Terus menerus menurut adat. Dibolehkan terhalang sesaat asal kurang dari seukuran salat dua rekaat.
Sedang syarat jamak takhir sebagai berikut :
1. Niat menjamak pada waktu pertama sampai batas waktu sisa seukuran satu rekaat.
2. Masih dalam perjalanan sampai akhir salat kedua.
[Fat-hul Mu’in 1, hal. 480]

Niat Shalat Jamak
Sayyid Sabiq berkata :
ولا تشترط النية فى الجمع والقصر, قال ابن تيمية : وهو قول الجمهور من العلماء وقال : والتبي صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّم لما كان يصلى بأصحابه جميعًا وقصرالم يكن يأمر أحدا منهم بنية الجمع والقصر
Menurut Jumhur ulama niat tidak menjadi syarat dalam menjamak atau mengqasar. Ibnu Taimiyah berkata, "Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam ketika mengerjakan shalat jamak dan qasar tidak memerintahkan kepada sahabat-sahabatnya supaya berniat jamak atau qasar"
[Fiqih Sunnah 1, hal. 439]

Shalat yang dijamak tidak harus berturut-turut
Sayyid Sabiq berkata : Ibnu Taimiyah berkata,
والصحيح أنه لا تشترط بحال, لا وقت الأولى ولا فى وقت الثانية, فإنه ليس لذلك حد فى الشرع ولأن مراعاة ذلك يسقط مقصود الرخصة. وقال الشافعى : لو صلى المغرب فى بيته بنية الجمع ثم أتى المسجد فصلى العشاء جاز, وروى مثل ذلك عن أحمد
"Yang benar, ialah ini tidak menjadi syarat, baik diwaktu yang pertama maupun yang kedua, sebab hal itu tidak ada ketentuannya dari syara'"
Syafi'I mengatakan, "Jika seorang mengerjakan shalat maghrib di rumahnya dengan niat menjamak kemudian ia pergi ke masjid melakukan shalat isya, itu juga dibolehkan" Imam Ahmad juga berpendapat seperti itu.
[Fiqih Sunnah 1, hal. 439]

Menjamak Shalat Dengan Satu Adzan dan Dua Iqamat.
Dari Ibnu Umar r.a., dia berkata,
انَ النبي صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صلى الصَّلا تيْن بعَرَفة بأذان وَاحِدٍ وَاِقامَتيْن، وَاتىَ المُزدَالِفة فصَلىَّ بهَا المَغرب وَالعِشاءَ بأذن وَاحِدٍ وَاِقامَتيْن وَلمْ يُسَبّحْ بَيْنهُمَا، ثمَّ اضْطَجَعَ حَتى طلعَ الفجْرُ
Bahwa sesungguhnya Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam pernah shalat maghrib dan isya' di Mudzalifah dengan dijama', masing-masing shalat dengan satu iqamat dan tidak shalat sunnat diantara keduanya, dan tidak ada (bacaan) sesudah selesai masing-masing dari keduanya, kemudian tidur sampai terbit fajar. (HR.Bukhari dan An-Nasa')
[Nailul Author 3/183 (2/20)]

Dari Usamah, dia berkata,
‏‏أن النبيَّ صلى اللَّه عليه وسلم لَمَّا جَاءَ الْمُزْدَلِفَةَ نَزَلَ فَتَوَضَّأَ فَأَسْبَغَ الْوُضُوْءَ ثُمَّ أُقِيْمَتِ الصلاةُ فصلَّى المغربَ ثم أَنَاخَ كُلُّ إِنْسَانٍ بَعِيْرَهُ في مَنْزِلِهِ ثم أُقِيْمَتِ العشاءُ فصلَّاهَا ولم يُصَلِّ بَيْنَهُمَا شيئًا‏‏
Bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam ketika dating di Mudzalifah ia berhenti lalu wudhu kemudian menyempurnakan wudhunya, lalu diiqomatilah shalat kemudian shalat maghrib, lalu masing-masing orang menderumkan ontanya di tempatnya, kemudian diiqomati lalu shalat isya', dan ia tidak shalat apapun diantara keduanya. (HR.Ahmad, Bukhari, Muslim)
[Nailul Author 3/183 (2/20)]

Kedua hadits di atas menjelaskan bahwa :
-Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam menjamak shalat dengan satu adzan dan dua iqamat.
-Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam pernah menjamak dua shalat tanpa diselingi kegiatan apapun (Langsung), dan pernah juga menjama' dua shalat diselingi satu kegiatan (menderumkan unta).

Kesimpulan
1. Para Ulama berbeda pendapat tentang menjamak shalat dalam perjalanan. Ada yang berpendapat boleh dan ada yang berpendapat tidak boleh.
2. Para ulama yang membolehkan menjamak shalat dalam perjalanan berbeda pendapat apakah jamak takdim saja atau jamak ta’khir saja, atau keduanya, jamak takdim dan jamak ta’khir
3. Para ulama yang membolehkan menjamak shalat dengam jamak takdim dan jamak ta’khir pun berbeda pendapat tentang manakah yang lebih utama, jamak takdim atau jamak ta’khir.
4. Mayoritas ulama berpendapat bahwa niat tidak menjadi syarat dalam menjamak shalat.
5. Menjamak shalat dilakukan dengan satu adzan dan dua iqamah.


Sumber rujukan :
-Nurkholis Majid dkk, Ensiklpodi Islam, Ichtiar Baru Van Hoeve, Jakarta, 2002.
-Ibnu Rusyd, Bidayatul Mujtahid, Pustaka Amani, Jakarta, 2002
-Imam Bukhari, Sahih Bukhari, Darul Fikri, Beirut, 2006.
-Imam Muslim, Sahih Muslim, Darul Ilmi, Surabaya
-Zainuddin bin Abdul Aziz al-Maliabari al-Fanani , Fat-hul Mu’in, Sinar Baru Algensindo, Bandung, 2006
-Sayyid Sabiq, Fiqih Sunnah, Pena Pundi Aksara, Jakarta, 2006
-Imam Asy-Syaukani, Nailul Author, As-Syufa, Semarang, 1994.
-Ibnu Hajar Al-Asqalani, Bulughul Maram, Mutiara Ilmu, Surabaya, 1995.
--Muhammad bin Ismail Al-Amir Ash-Shan’ani, Subulus salam, Darus Sunnah Press, Jakarta, 2006

*Skawi, Februari 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

YANG BERHAK MENERIMA ZAKAT FITRAH

  YANG BERHAK MENERIMA ZAKAT FITRAH Oleh : Masnun Tholab   Hukum Zakat Fitrah Sayyid Sabbiq dalam kitab Fiqih Sunnah mengatakan bahw...