Minggu, 01 November 2009

NIAT SHALAT

NIAT SHALAT
Oleh : Masnun Tholab
www.masnuntholab.blogspot.com

إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِينُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِاَللَّهِ من شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا من يهده  اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ له وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ له وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ

Renungan
Dari Ummul Mu’minin; Ummu Abdillah; Aisyah radhiallahuanha dia berkata : 
قَالَ رَسُوْلُ الله صلى الله عليه وسلم : مَنْ أَحْدَثَ فِي أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ  رَدٌّ.   [رواه البخاري ومسلم وفي رواية مسلم : مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ ]
“Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : Barangsiapa yang mengada-adakan dalam urusan (agama) kami ini yang bukan (berasal) darinya, maka dia tertolak. [Riwayat Bukhari dan Muslim], dan dalam riwayat Muslim disebutkan: Barangsiapa yang melakukan suatu amal (ibadah) yang tidak sesuai dengan urusan (agama) kami, maka amalan itu tertolak”  [HR.  Al-Bukhari  no. 2697;  Muslim no. 1718, 17, dan 18; Ahmad no. 256, dan 270; Abu Dawud no. 4606;  Ibnu Majah no.14]

Pendahuluan
Ibnu Rusyd dalam kitab Bidayatul Mujtahid berkata  :
وأما النية فاتفق العلماء على كونها شرطا في صحة الصلاة لكون الصلاة هي رأس العبادات التي وردت في الشرع
Para ulama sepakat bahwa niat merupakan syarat syah shalat. Sebab dalam syarak, niat merupakan pangkal semua ibadah. [Bidayatul Mujtahid 1, hal. 264].  
Umar bin Alchattab Rodhiyallahu ‘anhu. berkata : Saya telah mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alihi wasallam bersabda :
اِنَّمَاالْأَ عْمَالُ بِالنِّيَاتِ وَاِنَّمَا لِكُلِّ مْرِىءٍ مَّانَوَى، فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ اِلىَ اللهِ وَرَسُوْلِهِ فَهِجْرَتُهُ اِلىَ اللهِ وَرَسُوْلِهِ ، ومَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُّنْيَا يُصِيْبُهَا اَوِمْرَأةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ اِلىَ مَا هَجَرَ اِلَيْهِ
"Sesungguhnya Sahnya  suatu perbuatan tergantung niatnya. Dan yang teranggap bagi tiap orang adalah menurut apa yang ia niatkan. Maka barangsiapa yang berhijrah semata-mata karena taat kepada Allah dan Rasulullah, maka hijrah itu diterima oleh Allah dan Rasulullah. Dan siapa yang hijrah karena keuntungan dunia yang dikejarnya atau karena perempuan yang akan dikawin, maka hijrahnya terhenti pada apa yang ia niat hijrah kepadaNya. (HR. Buchari no. 1)
[lihat Riyadus Salihin 1, hal. 11 ; lihat Al-Jami'us Saghir 1, hal. 31]

Definisi Niat
Menurut Zainuddin bin Abdul Aziz al-Maliabari al-Fanani dalam kitab Fat-hul Mu’in arti niat menurut syara :
هو قصد الشيء مقترنا بفعله
“Bermaksud sesuatu yang disertai dengan mengerjakannya” [Fat-hul Mu’in 1, hal. 148]
Sayyid Sabiq dalam kitab Fiqih Sunnah mengatakan bahwa dalam kitab Ighatsatul Lahfan, Ibnul Qayyim menyatakan,
النيةُ هي القصدُ والعزمُ على فعلِ الشيء ومَحلُّها القلبُ ، لا تعَلُّقَ لها باللسانِ أصلا ولذلك لم ينقل عن النبي ولا عن أصحابه في النية لفظ بحال
"Arti niat adalah menyengaja dan bermaksud secara sungguh-sungguh untuk melakukan sesuatu. Tempatnya adalah di dalam hati dan ia tidak ada sangkut pautnya sama sekali dengan penuturan lisan.  [Fiqih Sunnah 1, hal. 187].


Melafadzkan Niat
Rasulullah Shallallahu ‘alihi wasallam tidak melafadzkan niat dalam shalat dan tidak pula memerintahkan melafadzkan niat dalam shalat
Dari Abu Hurairah Rodhiyallahu ‘anhu., Nabi Shallallahu ‘alihi wasallam bersabda,
فَإِذَا قُمْتَ اِلىَ الصَّلاةِ فأسْبِغِ الْوُضُوْءَ ثمَّ اسْتَقْبِلِ الْقِبْلَةَ فَكَبِّرْ
"Apabila kamu berdiri hendak shalat, maka sempurnakanlah wudhu, lalu menghadaplah ke kiblat, lalu takbirlah" (Al-Hadits) [lihat Nailul Author 2, 477; Bulughul Maram, hal. 112]

Dari Humaid  Rodhiyallahu ‘anhu.,dia berkata,
اَنَّ النبيَّ صلى الله عليه وسلم كانَ اِذَا قَامَ اِلىَ الصَّلاةِ اِعْتَدَلَ قَائِمًا وَرَفَعَ يَدَيْهِ  ثُمَّ قَالَ : الله اَكْبَرْ
"Apabila Nabi Shallallahu ‘alihi wasallam berdiri hendak mengerjakan shalat, beliau berdiri tegak lurus dan mengangkat kedua belah lengannya, lalu mengucapkan 'Allahu Akbar'" (HR.Ibnu Majah, dan dinyatakan sahih oleh Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban)  [lihat Fiqih Sunnah 1, hal. 188].

Dari Ummul Mu’minin A’isyah Rodhiyallahu ‘anha berkata:
كاَنَ رَسُوْلُ اللهِ -صلى الله عليه وسلم- يَسْتَفْتِحُ الصَّلاَةَ بِالتَّكْبِيْرِ
“Rasulullah -Shollallahu ‘alaihi wasallam- membuka shalatnya dengan takbir” .[HR. Muslim dalam Ash-Shahih (498)]

Dari Rifa’ah bin Rafi’, ia berkata : Seorang laki-laki dating dan shalat di masjid Rasulullah -Shollallahu ‘alaihi wasallam kemudian ia dating memberi salam kepada Nabi Shollallahu ‘alaihi wasallam. Lalu beliau berkata kepadanya :
أَعِدْ صَلَاتَكَ فَإِنَّكَ لَمْ  تَُصَلِّ فَعَادَ فَصَلَّى كَنَحْوٍ مِمَّا صَلَّى فقال النبي صلى الله عليه وسلم أَعِدْ صَلَاتَكَ فَإِنَّكَ لَمْ  تَُصَلِّ فقال عَلَّمْنِي يا رسول الله كَيْفَ أُصَلِّى قَالَ إِذَا تَوَجَّهْتَ إِلَى الْقِبْلَةِ فَكَبِّرْ
“Ulangilah shalatmu, karena sesungguhnya engkau belum mengerjakan shalat”. Maka ia mengulangi shalatnya seperti yang pertama. Lalu Nabi Shollallahu ‘alaihi wasallam berkata lagi kepadanya, “Ulangilah shalatmu karena sesungguhnya engkau belum mengerjakan shalat”. Lalu ia berkata, “Ajarkanlah kepadaku, wahai Rasulullah, bagaimana aku mengerjakan shalat”. Rasul Shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Apabila engkau menghadap kiblat, maka bertakbirlah …dst
[HR. Abu Daud,  Muslim, Bab “Shalat”]
Hadits-hadits tersebut diatas menggambarkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alihi wasallam tidak melafadzkan niat dalam shalat dan tidak pula memerintahkan melafadzkan niat dalam shalat.

Pendapat Para Ulama Tentang Melafadzkan Niat Shalat
Abu Ishaq As-Sirozi Asy-Syafi’I dalam kitab Al-Muhadzdzab, mengatakan :
ومحل النية القلب فان نوى بقلبه دون لسانه أجزأه ومن اصحابنا من قال ينوى بالقلب ويتلفظ باللسان وليس بشئ لان النية هي القصد بالقلب
Tempat niat adalah di dalam hati. Jika berniat di dalam hati dan tidak diucapkan dengan lisan diperbolehkan. Sebagian sahabat kami berpendapat : “Berniat di hati dan diucapkan secara lisan” Pendapat ini tidak benar, karena niat adalah berkehendak dengan hati.
[Al-Majmu’ Syarah Al-Muhadzdzab 3/525]

Al-Qadhi Jamaludin Abu Rabi Sulaiman bin Umar As-Syafi’I berkata :
الجهر بالنّية وبالقراءة خلف الإمام ليس من السنّة، بل مكروه، فإن حصل به تشويش على المصلّين فحرام، ومن قال بإن الجهر بلفظ النيّة من السنّة فهو مخطئ، ولا يحلّ له ولا لغيره أن يقول في دين الله تعالى بغير علم
 “Mengeraskan dan membaca niat bagi makmum tidak termasuk sunnah, bahkan makruh. Jika hal itu menimbulkan gangguan (membuat bising) kepada jama’ah sholat, maka hukumnya haram. Barangsiapa yang mengatakan bahwa mengeraskan niat adalah sunnah, maka ia keliru. Haram baginya dan lainnya berbicara dalam agama Alloh subhanahu wa ta’ala tanpa didasari ilmu. [Al A'lam 3/194 [10]
Zainuddin bin Abdul Aziz al-Malibari dalam kitab Fathul Mu’in bi syarkhi Qurratul 'Ain bimuhimmati ad-Din, Hal. 153 ;
. (و) سن (نُطْقٌ بِمَنْوِيٍّ) قبل التكبير، لِيُسَاعِدَ اللِّسَانُ القلبَ، وخُرُوجًا من خلافٍ من أوجبَهُ.
“Disunnahkan mengucapkan niat sebelum takbiratul ihram, agar lisan dapat membantu hati (kekhusuan hati), dan karena mengindari perselisihan dengan ulama yang mewajibkannya.”

Al-Imam Muhammad bin Abi al-'Abbas Ar-Ramli dalam kitab Nihayatul Muhtaj, juz I : 437 :
وَيُنْدَبُ النُّطْقُ بِالمَنْوِيْ قُبَيْلَ التَّكْبِيْرِ لِيُسَاعِدَ اللِّسَانُ القَلْبَ وَلِأَنَّهُ أَبْعَدُ عَنِ الوِسْوَاسِ وَلِلْخُرُوْجِ مِنْ خِلاَفِ مَنْ أَوْجَبَهُ
“Disunnahkan (mandub) melafadzkan niat sebelum takbiratul Ihram agar lisan dapt membantu hati (kekhusuan hati), agar terhindar dari gangguan hati (was-was) dan karena mengindari perselisihan dengan ulama yang mewajibkannya”.

Imam Syafi’i dalam kitab Al-Umm  berkata : 
والنية لا تقوم مقام التكبير ولا تجزيه النية إلا أن تكون مع التكبير لا تتقدم التكبير ولا تكون بعده
Niat tidak bisa menggantikan kedudukan takbir, namun niat tidak cukup apabila tidak disertai takbir, niat tidak mendahului takbir dan tidak pula sesudahnya. (niat bersamaan dengan takbiratul ihram, pen). [Lihat Ringkasan Kitab Al-Umm 1, hal. 155].
  
Imam Syafi’i  berkata :
حَكَيْنَا مِنْ الْأَحَادِيثِ عَنْ النَّبِيِّ - صلى الله عليه وسلم - دَلِيلٌ عَلَى أَنَّ نِيَّةَ الْمُلَبِّي كَافِيَةٌ لَهُ مِنْ أَنْ يُظْهِرَ مَا يُحْرِمُ بِهِ كَمَا تَكُونُ نِيَّةُ الْمُصَلِّي مَكْتُوبَةً أَوْ نَافِلَةً أَوْ نَذْرًا كَافِيَةً لَهُ مِنْ إظْهَارِ مَا يَنْوِي مِنْهَا
Hadits-hadits yang telah kami riwayatkan dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam merupakan dalil bahwa niat sesorang yang ber-talbiyah itu hanya di hati (tidak dilafadzkan), hal itu sudah cukup dan sah. Jadi sesoerang yang berihram tidak perlu melafadzkan niat ihramnya. Hal ini sebagaimana niat seseorang untuk shalat wajib, shalat sunnah atau shalat nadzar yang hanya terdapat di dalam hati, maka hal itu sudah cukup dengan tidak perlu dilafadzkan dengan lisan.  [Ringkasan Kitab Al-Umm 1, hal. 618].

Sayyid Sabiq dalam kitab Fiqih Sunnah mengatakan :
وهذه العبارات التي أحدثت عند افتتاح الطهارة والصلاة، قد جعلها الشيطان معتركا لاهل الوسواس
bahwa Penuturan niat pada lisan pada saat memulai bersuci dan mengerjakan shalat akan membukakan ruang kepada syetan untuk selalu mengganggu dan menanamkan rasa was-was dalam diri seseorang.  [Fiqih Sunnah 1, hal. 187]

Kesimpulan :
  1. Para Ulama sepakat (ijma’) bahwa niat merupakan salah satu rukun shalat, sehingga tanpa niat shalat tidak sah.
  2. Para Ulama sepakat (ijma’) bahwa niat tempatnya di dalam hati.
  3. Para ulama berbeda pendapat tentang hokum melafadzkan niat shalat, sebagian berpendapat sunnah, sebagian berpendapat bid’ah atau makruh.

Wallahu a’lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

YANG BERHAK MENERIMA ZAKAT FITRAH

  YANG BERHAK MENERIMA ZAKAT FITRAH Oleh : Masnun Tholab   Hukum Zakat Fitrah Sayyid Sabbiq dalam kitab Fiqih Sunnah mengatakan bahw...